Lonjakan Penumpang Kapal Ferry 15 Persen – Timor Express

Timor Express

EKONOMI BISNIS

Lonjakan Penumpang Kapal Ferry 15 Persen

TOMMY AQUINODA/TIMEX

Armada ASDP Kupang Seluruhnya Beroperasi

KUPANG, TIMEX – Selama liburan panjang, penumpang yang mudik menggunakan kapal ferry dari Kupang menuju ke sejumlah daerah di NTT rupanya juga melonjak. Kepada Timor Express, General Manager (GM) PT ASDP Cabang Kupang, Burhan Zahim mengatakan, dibandingkan dengan hari-hari biasanya, lonjakan penumpang pada saat angkutan lebaran sekitar 10-15 persen. Namun, lonjakan penumpang hanya terjadi pada pelayaran menuju Rote, Kalabahi dan Larantuka.

“Ada lonjakan sekitar 10-15 persen dibandingkan dengan hari normal. Tapi tidak semua pelayaran mengalami lonjakan. Cuma Rote, Kalabahi dan Larantuka. Yang lainnya terjadi lonjakan tapi di bawah 10 persen,” ujar Burhan via sambungan seluler, rabu (20/6).

Soal arus balik, menurut Burhan, lonjakan penumpang diprediksi sampai dengan hari Minggu (24/6) mendatang. Dan lonjakan paling drastis terjadi di tanggal 19-20 Juni, mengingat aktivitas kantor akan dimulai pada 21 Juni (hari ini, red).

“Lonjakan tetap terjadi secara bertahap sampai dengan hari Sabtu dan Minggu,” sebut dia.

Selama angkutan lebaran, Burhan mengaku semua pelayaran berjalan normal. Kecuali pelayaran menuju Rote Ndao yang sempat dilarang pada Senin (18/6) karena cuaca buruk. Dan terkait dengan kondisi alam yang tidak bersahabat, ASDP selalu terbuka dan menginformasikan kepada penumpang.

“Kadang cuaca di pagi hari masih normal, tapi sore sudah berubah lagi. Untuk antisipasi, per tiga hari kita pantau terus kondisi alam. Kalau kondisinya tidak memungkinkan, kita tetap tidak berangkat walaupun sudah ada pemuatan baik penumpang maupun kendaraan,” jelas Burhan.

Burhan menambahkan, selama angkutan lebaran, delapan armada (kapal ferry, red) yang dikelola ASDP semuanya beroperasi untuk mendukung kelancaran arus mudik. Sebab di seluruh kantor cabang ASDP, tidak dibenarkan ada kapal yang naik dok pada saat angkutan lebaran atau angkutan natal.

“Khusus untuk angkutan lebaran dan natal, ASDP dari jauh-jauh hari sudah merencanakan agar tidak boleh ada kapal yang masuk dop. Selain itu, semua alat keselamatan, alat navigasi, dan lain sebagainya harus sudah dilakukan pengecekkan. Kita sudah programkan ini setiap tahun,” terang dia.

Burhan menyebutkan, dari delapan armada yang dikelola ASDP Cabang Kupang, dua diantaranya belum naik dok. Yakni KMP Ile Ape dan KMP Ile Mandiri. Jika pelayaran sudah normal, lanjut Burhan, dua armada ini akan naik dok secara bergantian.

“Pada pertengahan atau akhir Juli mendatang, satu kapal naik dok. Satunya lagi akan naik dok pada Agustus, sehingga pada saat angkutan natal semua armada yang kita kelola dalam keadaan siap,” ungkapnya. (tom)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Jaringan Berita Terbesar

© 2016 TIMOREXPRESS.COM by FAJAR.co.id

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!