PPDB di SMKN 4 Dibuka Dua Tahap – Timor Express

Timor Express

PENDIDIKAN

PPDB di SMKN 4 Dibuka Dua Tahap

SMAN 5 Mulai Pendaftaran Ulang

KUPANG, TIMEX-SMK Negeri 4 Kota Kupang telah membuka penerimaan peserta didik baru (PPDB) online tahap dua pasca pengumuman hasil PPDB, Sabtu (30/6).
Pembukaan kembali pendaftaran ini dilakukan untuk memenuhi kekurangan kuota siswa pada pendaftaran online dari jalur umum maupun jalur khusus.

Pendaftaran tahap kedua atau gelombang II ini dibuka dua hari, terhitung tanggal 2-3 Juni 2018 bagi calon siswa yang berminat menimba ilmu di SMK Negeri 4. Sementara SMAN 5 membuka kesempatan bagi peserta yang sudah lulus PPDB untuk mendaftar ulang mulai3-4 Juli.

Kepala Sekolah SMK Negeri 4, Semi Ndolu yang diwawancara Timor Express, Selasa (3/7) disela-sela pemantauan PPDB mengatakan, pihaknya masih kekurangan 85 siswa untuk semua jurusan dari kuota yang ditentukan pemerintah provinsi sebanyak 252 untu 7 rombongan belajar.

“Diharapkan masyarakat yang kesulitan mengakses pendaftaran dan sulit masuk ke sekolah kejuruan lainnya, bisa melakukan pendaftaran di SMK Negeri 4, karena masih dibuka penerimaan pendaftarannya, baik jalur umum mau pun jalur khusus,”

Dia jelaskan, SMK Negeri 4 memiliki lima jurusan yang telah disosialisasikan kepada masyarakat untuk menentukan pilihan, yakni jurusan Desain Produksi Kria Kayu, Desain Produksi Kria Tekstil, Desain Komunikasi Visiual, Desain Interior dan Landscaping serta Teknik Komunikasi Jaringan.

Hasil dari seleksi tahap II akan disampaikan kembali ke dinas pendidikan sebagai pembina untuk mengambil kebijakan jika kuota penerimaan siswa baru masih kurang. “Pada prinsipnya kepala dinas berpesan bahwa peserta yang daftar diusahakan untuk mendapatkan pelayanan pendidikan. Jadi hasil ini seperti apa, kami sampaikan karena dinas,” kata Semi Ndolu.

Kebijakan yang akan diambil menurut dia tidak merugikan masyarakat. Dia harapkan masyarakat dapat menerima setiap kebijakan karena sistem pendaftaran ini sangat membantu dan sangat adil bagi siswa baru sehingga bisa memberikan pelayanan pendidikan yang merata.

“Bagi kami, kebijakan PPDB online ini sangat fair karena semua penilaian untuk masuk ke sebuah sekolah sudah diatur dan diyakini tidak ada kecurangann” ujar Semi Ndolu.
Jumlah pendaftar sampai dengan hari kedua sebanyak 155 orang dan hasil ini akan berubah, sebab waktu pendaftaran akan dibuka sampai pukul 17.00 Wita. “Setelah penutupan kami langsung melaporkan hasil ke dinas pendidikan,” tutup Semi Ndolu

Terpisah, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala SMA Negeri 5 Kota Kupang, Laurensius Hading Huler menegaskan, PPDB di sekolah tersebut benar-benar mengikuti juknis yang ada, sehingga kuota yang ditetapkan telah terisi. Bagi siswa yang lulu, para orangtua diundang untuk membahas pembiayaan sekolah ke depan.

Kuota yang tersedia untuk 216 orang untuk 6 rombel. “216 orang ini seleksi melalui jalur umum sebanyak 70 persen dan 30 persen untuk jalur khusu,” Jelas Laurensius.
Usai menggelar pertemuan dengan orang tua, panitia langsung melakukan pembukaan pendaftaran ulang bagi siswa yang sudah dinyatakan lulus, terhitung tanggal 3-4 Juni 2018.

“Setelah pengumuman banyak orang (tidak lulus) yang datang di rumah, sekolah dan pertelpon, namun saya arahkan untuk mencari sekolah lain dan mendaftar ulang. Saran itu diterima dan sekolah aman,” tutup Laurensius.(mg29/cel)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Jaringan Berita Terbesar

© 2016 TIMOREXPRESS.COM by FAJAR.co.id

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!