40 Ribu Pemilih Golput – Timor Express

Timor Express

RAKYAT TIMOR

40 Ribu Pemilih Golput

ATAMBUA TIMEX – Kesadaran pemilih untuk menggunakan hak pilih pada pilkada gubernur dan wakil gubernur NTT, 27 Juni di Kabupaten Belu, masih tergolong rendah. Buktinya, ada 40 ribu lebih pemilih yang tidak menggunakan hak pilih alias golput.

Hal ini terungkap saat rapat pleno rekapitulasi perhitungan suara tingkat KPU Belu di aula hotel Nusantara II Atambua, Rabu (4/7).

“Tingkat partisipasi masyarakat Belu untuk menggunakan hak pilih pada pilkada gubernur kali ini masih rendah karena walaupun ada peningkatan di banding pilkada lalu karena hanya 64,49 persen pemilih yang menggunakan hak pilihnya atau kurang lebih ada 40 ribu pemilih yang terdaftar di DPT yang tidak menggunakan hak pilih,” ungkap Ketua KPU Belu, Marthin Bara Lay usai rapat pleno.

Dikatakan, rendahnya kesadaran masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya menjadi pekerjaan rumah bagi KPU Belu dan seluruh komponen masyarakat Belu untuk lebih meningkatkan kesadaran pemilih pada pemilu legislatif mendatang.

“Kami sudah berusaha maksimal dengan berbagai upaya penyadaran masyarakat baik lewat sosialisasi bahkan lewat mimbar gereja dan masjid tapi hasilnya seperti yang terjadi pada pilkada lalu. Kita tidak paksakan orang untuk menggunakan hak pilihnya karena hak masyarakat,” tegasnya.

Rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara berjalan lancar sejak awal hingga penandatangan berita acara oleh para saksi, Panwaslu dan KPU Belu.

“Tentang hasil rapat pleno rekapitulasi penghitungan hari ini semua pihak menerima. Teman-teman sendiri saksikan bahwa rapat pleno hari ini dihadiri oleh saksi keempat pasangan calon. Tadi mereka semua terima dan menandatangani berita acara hasil rapat pleno,” kata Marthin.

Hasil rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara keempat pasangan calon gubernur dan wakil gubernur NTT menempatkan pasangan calon nomor urut 4, Viktor Bungtilu Laiskodat-Josef Nae Soi sebagai pasangan yang meraih suara terbanyak yaitu 28.843 suara disusul paket nomor urut 2, Marianus Sae-Emy Nomleni 20.728 suara, paket nomor urut 3, Benny K Harman-Benny Litelnoni 16.692 suara dan paket nomor urut 1, Esthon Foenay-Christian Rotok 12.648 suara.

“Hasil rapat pleno ini akan kami bawa dalam rapat pleno rekapitulasi tingkat provinsi yang akan berlangsung di Kupang pada tanggal 7 Juli mendatang,” ujarnya. (ogi/ays)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Jaringan Berita Terbesar

© 2016 TIMOREXPRESS.COM by FAJAR.co.id

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!