Belum Ada Usulan Plh Gubernur NTT – Timor Express

Timor Express

NASIONAL

Belum Ada Usulan Plh Gubernur NTT

JAKARTA, TIMEX – Tinggal seminggu lebih, masa jabatan Gubernur dan Wakil Gubernur NTT, Frans Lebu Raya dan Benny A. Litelnoni berakhir. Tepatnya pada 16 Juli 2018.
Agar tidak terjadi kekosongan kepemimpinan di lingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTT, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) akan menunjuk pelaksana harian (Plh) Gubernur NTT sesuai Keputusan Presiden (Keppres) guna mengendalikan roda pemerintahan di lingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTT.

Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kemendagri, Bahtiar Baharuddin yang dikonfirmasi Timor Express di Jakarta, Rabu (4/7) mengatakan hingga saat ini belum ada usulan nama-nama yang akan digodok dan ditunjuk untuk menjabat sebagai Plh Gubernur NTT. “Sampai saat ini memang belum ada usulan nama-nama yang akan ditunjuk untuk menjabat sebagai pelaksana harian Gubernur NTT. Kalau sudah ada tentunya akan diinformasikan. Dan untuk penunjukan Plh gubernur biasanya ada Keppres-nya,” tegas Bahtiar.

Dikatakan, jika sudah berakhir masa jabatan Gubernur dan Wakil Gubernur dan Keputusan Presiden (Keppres) untuk penunjukan Plh belum ada, maka Plh Gubernur adalah Sekda Provinsi. “Biasanya kalau sudah sampai hari H (berakhirnya masa jabatan) dan belum ada Keppres-nya, maka jelas pelaksana harian Gubernur adalah Pak Sekda Provinsi. Ini jelas karena memang penunjukkan Plh Gubernur harus ada Keppresnya. Nah, kalau sampai tanggal 16-17 Juli belum turun Keppres-nya, otomatis pelaksana harian adalah Pak Sekda,” katanya.

Dan tugas seorang Plh, lanjut dia, baru akan berakhir setelah dilantiknya penjabat (Pj) Gubernur yang ditunjuk oleh Presiden. “Biasanya, seorang penjabat dilantik di daerah oleh Pak Menteri Dalam Negeri. Dan sampai saat ini belum ada penunjukan pelaksana harian Gubernur NTT,” ujarnya singkat. (gat/fmc/sam)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Jaringan Berita Terbesar

© 2016 TIMOREXPRESS.COM by FAJAR.co.id

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!