KPU Belum Terima Daftar Caleg – Timor Express

Timor Express

RAKYAT TIMOR

KPU Belum Terima Daftar Caleg

Perindo dan PPP Bangun Koordinasi dengan KPU

KEFAMENANU, TIMEX – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten TTU telah resmi mengumumkan dibukanya pendaftaran calon legislatif (Caleg) 2019 yang dimulai 4-17 Juli 2018 setiap jam kerja. Meski demikian, hingga Minggu (8/7) belum ada partai politik yang mendaftarkan kadernya sebagai calon legislatif.

Fidelis Olin

Fidelis Olin

Juru bicara KPU TTU, Fidelis Olin kepada Timor Express, Minggu (8/7) mengungkapkan, KPU TTU membuka pendaftaran bagi calon legislatif untuk mendaftar di KPU TTU dimulai sejak 4-17 Juli 2018. Namun sudah lima hari kerja belum ada partai politik yang datang untuk mendaftarkan kadernya mengikuti kontestan politik untuk menduduki kursi legislatif.

Ia menambahkan, ada beberapa partai politik yang belum mendaftarkan kadernya sebagai calon legislatif, namun sudah mendatangi KPU untuk berkoordinasi terkait persyaratan pendaftaran dan kelengkapan yang disiapkan oleh partai politik yang ingin mendaftarkan kadernya sebagai calon legislatif.

“Sudah lima hari pembukaan pendaftaran belum ada partai yang mendaftar. Hanya pengurus dari Perindo dan PPP yang datang untuk konsultasi terkait kesiapan kelengkapan,” ujar Fidelis.

Menurut Fidelis, setiap partai politik yang ingin mendaftarkan kader untuk mengikuti calon legislatif wajib menyiapkan seorang yang ditugaskan sebagai operator untuk membuka website partai politik dan mendaftarkan peserta calegnya secara online. Selain itu, setiap bakal caleg wajib melengkapi persyaratan administrasi sesuai ketentuan undang-undang.

Namun yang dilarang oleh PKPU Pasal 7 huruf h PKPU Nomor 20/2018 berbunyi, “Bukan mantan terpidana bandar narkoba, kejahatan seksual terhadap anak di bawah umur atau korupsi” dilarang keras menjadi caleg. Meski diusulkan oleh partai politik, namun KPU ada membatalkan pencalonannya lantaran melanggar aturan.

“Kalau kasusnya sementara berproses baik di kejaksaan maupun kepolisian atau lembaga hukum yang berwenang lainnya tidak menjadi persoalan dan diperbolehkan sebelum adanya putusan yang tetap,” katanya.

Sementara, Sekretaris Partai Perindo Kabupaten TTU, Nelis Naifatin ketika dikonfirmasi Timor Express terkait kesiapan untuk mendaftarkan peserta calon legislatif di KPU mengatakan, pihanya sementara melakukan persiapan administrasi dari sejumlah bakal calon legislatif untuk mendaftar di KPU TTU.

Ia menambahkan, secara nasional dari pengurus pusat Partai Perindo menginstruksikan untuk mendaftar serentak di KPU, Senin (9/7). Namun apabila persiapan administrasi belum lengkap, maka pendaftaran akan ditunda sambil mempersiapkan kelengkapan peserta caleg untuk mendaftar nanti.

“Secara nasional kami diinstruksikan untuk mendaftar pada Senin (9/7). Namun kami sementara mempersiapankan administrasi dari peserta caleg. Apabila belum lengkap, kami akan menunda pendaftaran,” katanya. (mg26/ays)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Jaringan Berita Terbesar

© 2016 TIMOREXPRESS.COM by FAJAR.co.id

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!