Siswa Baru Siap Jalani MOS – Timor Express

Timor Express

PENDIDIKAN

Siswa Baru Siap Jalani MOS

KUPANG, TIMEX – Sesuai juknis yang telah ditetapkan, Masa Orientasi Siswa (MOS) merupakan salah satu tahapan dan proses bagi siswa-siswi yang sudah dinyatakan lulus dan siap mengikuti proses belajar mengajar di setiap sekolah, baik di tinggkat SMP maupun SMA/SMK.

 

Kepala Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Kota Kupang, Mathias Beeh kepada Timor Express, Minggu (8/7) menjelaskan, pihaknya siap menggelar MOS tanggal 16 Juli 2018 pasca liburan. Math, sapaan Mathias berharap siswa yang belum mendaftar ulang agar segera melakukan pendaftaran ulang karena masih bisa diterima.

 

Meski sudah ada jadwal MOS, namun masih sekira 30 calon peserta yang telah dinyatakan lulus di SMKN 1 melalui seleksi PPDB online, belum melakukan pendaftaran ulang. Sehingga diharapkan untuk segera melakukan pendaftaran ulang karena batas daftar ulang yang disediakan sampai tanggal 13 Juni 2018 mendatang. “Bagi siswa yang belum melakukan pendaftaran ulang segera mendatarkan diri karena hak mereka tidak dihapus,” jelas Math.

Selain tahap persiapan MOS, ada tahap pemerataan siswa yang belum mendapatkan sekolah sampai hari Jumat, 13 Juni 2018. Pemerataan ini berdasarkan zonasi bagi siswa yang belum mendapatkan sekolah di sekolah yang belum terpenuhi kuota.

“Untuk SMKN 1 sudah terpenuhi kuotanya namun proses pemerataan ini dilakukan untuk menggisi kuota yang masih kosong pada sekolah SMA maupun SMK, karena sesuai data yang diperoleh dari dinas, siswa yang belum mendapat sekolah dan belum mendaftar itu sangat banyak,” ujarnya.

Masih banyak siswa yang belum mendapatkan sekolah karena masih ada orangtua yang memaksakan diri untuk masuk ke sekolah tertentu. Sementara kuota tidak mencukupi. Kondisi ini tentu menunjukan ketidak dukungan orangtua untuk menghilangkan sekolah favorit.

“Ini perlu diantisipasi agar merubah pemahaman tentang sekolah favorit sehingga mampu meningkatkan mutu pendidikan yang lebih baik lagi ke depan. Kita harus menggunakan sistem yang ada, yakni Input, Proses dan Output pada PPDB,” tambahnya.

 

Menurut Mathias, sistem pendaftaran ini akan dilakukan secara ofline di sekolah yang masih kekurangan kuota atau langsung diarahkan ke dinas untuk melakukan pengecekan terhadap sekolah yang masih membutuhkan siswa agar para siswa bisa mengikuti MOS pada tanggal 16 Juli mendatang.(mg29/cel)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Jaringan Berita Terbesar

© 2016 TIMOREXPRESS.COM by FAJAR.co.id

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!