72 Anggota Paskibraka Mulai Jalani Pelatihan  – Timor Express

Timor Express

RAGAM

72 Anggota Paskibraka Mulai Jalani Pelatihan 

PENYEMATAN. Asisten I Setda Kota Kupang Yos Rera Beka menyematkan tanda peserta kepada perwakilan Paskibraka di Balai Kota, Selasa (10/7) malam.

FENTI ANIN/TIMEX

KUPANG, TIMEX – Pembukaan pendidikan pelatihan pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) tingkat Kota Kupang dilakukan Asisten I Setda Kota Kupang Yos Rera Beka di Balai Kota, Selasa (10/7) malam.

Sebanyak 72 orang peserta Paskibraka berasal dari SMA dan SMK di Kota Kupang.

Yos Rera Beka, mengatakan, yang terpenting untuk menjadi pasukan pengibar bendera pusaka adalah disiplin.

“Di usia muda ini, anak muda sangat rentan terhadap gaya hidup yang bebas dan cenderung merusak masa depannya. Salah satunya kebiasaan dan gaya hidup merokok. Anak muda harus konsisten dalam menata masa depannya yang dimulai dari sekarang. Buktikan kepada orangtua, sekolah, masyarakat dan pemerintah serta diri sendiri bahwa Anda mampu menjadi pasukan pengibar bendera yang berkualitas,” kata Yos.

Dikakatan, di Paskibraka ini, akan banyak generasi penerus yang berhasil. Terutama di dunia kepolisian, STPDN, dan lainnya.  Untuk itu, gunakan kesempatan ini untuk terus belajar dan belajar disiplin mulai dari diri sendiri.

“Pelatihan ini akan ada banyak agenda. Mulai dari arahan,  pelatihan fisik dan lainnya. Semua ini proses pembelajaran agar saatnya nanti melaksanakan tugas sebagai anggota Paskibraka,  dapat dilaksanakan dengan baik dan bendera bisa dikibarkan di Kota Kupang pada 17 Agustus mendatang,” ungkapnya.

Dia menjelaskan, anggota Paskibraka Kota Kupang adalah putra-putri terbaik Kota Kupang, yang memiliki keistimewaan yang bertugas mengibarkan dan menurunkan bendera saat upacara HUT Republik Indonesia.

“Dalam mengemban tugas ini sangat dibutuhkan ketulusan,  keiklasan dan disiplin. Yang terpenting adalah pembinaan ini bisa menanamkan rasa persatuan dan kesatuan, rasa persatuan dan kesatuan, patriotisme dan cinta tanah air di kalangan generasi muda, serta memupuk jiwa kepemimpinan dapat tercapai,” kata Yos.

“Untuk para pelatih agara dapat melatih dan membina calon Paskibraka untuk dapat melatih dan membina calon Paskibraka dengan menerapkan disiplin tanpa kekerasan sehingga disiplin dapat tertanam dengan kokoh dalam diri calon penerus bangsa,” harap dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Kupang Ejbends Doeka, mengatakan, anggaran yang digunakan untuk pembiayaan Paskibraka Kota Kupang sebesar Rp 1,1 miliar.

“Anggaran ini digunakan untuk perlengkapan selama proses latihan sampai selesai. Untuk penginapan, makan, pakaian dan biaya lainnya selama masa latihan,” kata Ejbends.

Dikatakan, proses perekrutan anggota Paskibraka, yaitu dengan cara menyurati sekolah-sekolah SMA-SMK di Kota Kupang untuk mengirimkan anak-anaknya.

“Untuk jumlah, kami tidak membatasi jumlahnya yang dikirimkan dari sekolah, karena ini adalah kompetensi. Jadi berapapun yang dikirimkan sekolah diterima dan diseleksi,” ujarnya.

Dia melanjutkan, ada sebanyak 72 anggota Paskibraka Kota Kupang, 70 orang akan bertugas saat pengibaran dan penurunan bendera pusaka di Balai Kota, sementara dua orang lainnya akan mengikuti pengibaran dan penurunan bendera di tingkat Provinsi NTT.

Anggota Paskibraka kata Ejbens, selesai mengikuti Paskibraka, akan terus mengikuti program lanjutan dan rergabung dalam Purna Paskibraka Indonesia (PPI)  Wilayah Kota Kupang.

Dalam wadah ini, Dispora dan PPI bekerja sama, agar ketika ada even dan lomba yang diselenggarakan, maka PPI akan diberdayakan karena sudah dipersiapkan untuk terus diberdayakan.

“Dispora bertanggung jawab untuk mendorong pemuda-pemudi di Kota Kupang aktif dan bisa bersaing kedepannya. Mampu membuktikan kemampuan diri di tengah persaingan di masyarakat,” pungkasnya.  (mg25/joo)

 

 

 

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Jaringan Berita Terbesar

© 2016 TIMOREXPRESS.COM by FAJAR.co.id

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!