Gunakan Uang Rakyat dengan Baik – Timor Express

Timor Express

KUPANG METRO

Gunakan Uang Rakyat dengan Baik

 LPM Salurkan Rp 285 Juta Dana PEM

NAIKOLAN, TIMEX-Wakil Wali Kota Kupang Hermanus Man menekankan kepada masyarakat penerima manfaat dana Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat (PEM) untuk menggunakan dana tersebut dengan baik. Dengan demikian tujuan pemberdayaan ekonomi dapat terwujud.

“Pakailah uang rakyat itu dengan baik dalam menjalankan usaha,” kata Wawali Hermanus Man dalam acara pengguliran dana PEM tahap ketujuh sebesar Rp 285 juta. Dana ini dikelola oleh Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) di Sekretariat LPM Kelurahan Naikolan Kecamatan Maulafa, Selasa (10/7).

Herman Man mengatakan, dana yang didapat masyarakat merupakan uang rakyat. Karena itu, pemerintah memfasilitasi uang rakyat tersebut untuk dikembalikan kepada rakyat. “Karena pada prinsipnya dari rakyat, oleh dan untuk rakyat,” ujar Herman Man.

Ditegaskan mantan Kadis Kesehatan Kabupaten Kupang ini, dana itu bukan uang pemerintah tetapi uang rakyat. Sehingga yang telah berkesempatan mendapatkan dana tersebut harus memiliki rasa tanggung jawab untuk mengembalikan kepada LPM yang dipercayakan sebagai pengelola. Dengan demikian, pihak LPM akan semakin cepat melakukan pengguliran selanjutnya kepada masyarakat lainnya.

“Kami sebagai pemerintah terus berupaya untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Tahun depan kami akan tambah lagi dana PEM sebesar Rp 250 juta. Tentunya tidak semua kelurahan dapat, tetapi Kelurahan Naikolan jadi prioritas untuk dapat tambahan dana PEM tersebut,” jelasnya.

Kaitan dengan proses penyaluran dana PEM, jelasnya, saat ini diberikan kepada 44 penerima manfaat untuk pengembangan usaha. Dengan begitu harapan pemerintah untuk mensejahterakan masyarakat dapat terwujud. Herman juga mengucapkan terima kasih kepada camat, lurah, LPM yang telah mengawal serta memberikan motivasi sehingga proses pengelolaan dana PEM di Kelurahan Naikolan dapat berjalan dengan baik.

Camat Maulafa Lodowyk Djungu Lape menuturkan, pihaknya selalu memberikan motivasi kepada lurah, LPM dan masyarakat untuk mengelola dana PEM secara baik. Dengan begitu apa yang diharapkan pemerintah dapat terwujud yakni sukses penyaluran, sukses pengembalian dan sukses menjalankan usaha.

“Harapannya kesadaran masyarakat untuk mengembalikan dana PEM tepat waktu. Karena ini uang rakyat. Masih banyak juga masyarakat yang ingin pinjam dana PEM ini,” pintanya.

Lurah Naikolan Nur Melkisedek Tasrap menyampaikan terima kasih kepada Wakil Wali Kota Kupang Hermanus Man yang telah berkenan hadir dalam kegiatan penyaluran dana PEM itu. Dikatakannya, pengelolaan dana PEM secara bersama-sama semua elemen terkait. Mulai dari camat, lurah, LPM dan RT/RW serta masyarakat penerima manfaat dana PEM yang memiliki kesadaran tinggi untuk mengembalikan dana PEM. Harapannya, kata Tasrap, tahun depan ada penambahan dana PEM sebesar Rp 250 juta seperti yang sudah disampaikan Wakil Wali Kota Kupang Hermanus Man. “Sehingga para peminjam dapat memanfaatkan dana PEM ini dengan pinjaman yang lebih besar lagi guna mensukseskan usaha mereka,” pintanya.

Sementara Ketua LPM Kelurahan Naikolan, Timotius Dapa Talu menjelaskan, pengguliran yang dilaksanakan ini kali ini merupakan yang ketujuh sebesar Rp 285 juta. Sedangkan total penerima manfaat dana PEM secara keseluruhan yang beredar di masyarakat sebesar Rp 2.196.000.000 dengan total penerima manfaat sebanyak 435 orang.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kupang yang rencananya akan menambahkan lagi dana PEM. Tentunya hal ini merupakan penghormatan dan penghargaan atas karya nyata kami dalam mensukseskan pengelolaan dana PEM,” pungkasnya. (mg22/joo)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!