Ciptakan Sarjana Hukum Siap Pakai – Timor Express

Timor Express

PENDIDIKAN

Ciptakan Sarjana Hukum Siap Pakai

Di STIKUM Prof.Yohanes Usfunan

KUPANG, TIMEX-Masyarakat NTT kembali diberikan berkah dengan hadirnya sebuah perguruan tinggi (PT) yang khusus akan mencetak sarjana hukum (SH), yakni Sekolah Tinggi Illmu Hukum (STIKUM) Pro.Yohanes Usfunan, Penfui Kupang.

Kampus khusus pendidikan sarjana hukum pertama di NTT itu, mulai dibangun sejak 2015 lalu dan resmi beroperasi sejak Juli 2018 ini dengan membuka pendaftaran bagi mahasiswa baru. Menariknya, dengan biaya kuliah yang murah, namun kampus yang bernaung di bawah Yayasan Ayu Sarana Cerdas itu menyiapkan dosen tetap dan dosen luar biasa, juga dosen tamu dari universitas terkemuka di Indonesia, termasuk Udayana Bali, Undana Kupang, bahkan dari luar negeri.

Hal ini diungkapkan Pembina Yayasan Ayu Sarana Cerdas, Prof.Yohanes Usfunan kepada Timor Express di kampus tersebut, Rabu (11/7). Menurut Prof Usfunan, dirinya terpanggil untuk membangun dunia pendidikan di NTT khusus di bidang hukum sesuai bidang ilmu yang dia miliki.

“Kita tahu bahwa daya tampung kampus di NTT ini terbatas, khusus untuk mahasiswa hukum. Sehingga, jalan terakhir, mereka harus kuliah di luar NTT. Nah, sekarang tidak perlu lagi ke luar, karena kami hadirkan kampus dengan biaya pendidikan yang lebih rendah, tetapi soal kualitas, kami tampil beda,” papar Prof.Usfunan di kampus yang terletak di Jln.Pendidikan Nasipanaf itu.

Dengan fasilitas dan dosen berkualifikasi guru besar serta doktor dan magister hukum, kampus yang dipimpin Prof.Dr.I Ketut Mertha itu akan menggunakan sistem perkuliahan yang lebih mengedepankan praktik di samping teori. Sehingga, sarjana yang dihasilkan adalah yang unggul, mandiri dan profesional.

Dia jelaskan, banyak sekali bidang pekerjaan yang berkaitan dengan sarjana hukum. Misalnya, hakim, jaksa, polisi, pengacara, pegawai kantor pengacara, konsultan hukum, notaris, pegawai di pengadilan, kejaksaan, hingga Mahkamah Agung, Kejaksaan Agung, Komisi Yudisial, lembaga-lembaga negara lain, bahkan anggota DPRD, DPR dan DPD RI.

“Karena kita juga belajar khusus tentang penyusunan peraturan daerah sampai penyusunan undang-undang. Artinya, lulusan dari STIKUM ini benar-benar siap pakai,” terang dia.

Meski baru dibuka, pihaknya siap menampung ratusan mahasiswa dari daratan Timor, Rote, Sabu, Alor, Flores dan Sumba. Bahkan pihaknya juga siap menerima mahasiswa luar negeri dari Timor Leste. “Kita siapkan kelas reguler pagi dan kelas reguler sore,” tutup dia.(cel)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Jaringan Berita Terbesar

© 2016 TIMOREXPRESS.COM by FAJAR.co.id

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!