Dua Bupati Geser Kader Golkar – Timor Express

Timor Express

SUKSESI

Dua Bupati Geser Kader Golkar

Mekeng Bantah Penetapan Caleg
Alfons Loemau Pindah ke Demokrat

JAKARTA, TIMEX – Suhu politik di internal Partai Golkar NTT memanas. Pasalnya, sudah beberapa kader memilih hengkang dari partai berlambang pohon beringin tersebut lantaran tak diakomodir dalam pencalegan, khususnya dapil NTT 2 meliputi Timor, Sumba, Sabu dan Rote Ndao.
Sementara itu, dua bupati yang masih sementara menjabat, yakni Bupati Kupang Ayub Titu Eki dan Bupati TTS Paul Mella dikabarkan bertarung menuju Senayan melalui pintu Partai Golkar. Nama keduanya cukup diperhitungkan saat survei yang dilakukan beberapa waktu lalu.
Masuknya dua bupati tersebut menggeser beberapa nama kader Partai Golkar seperti Umbu Sappi Pateduk, Alfridus Bria Seran, dan Rizet Benyamin Rafael. Selain itu, Alfons Loemau yang baru bergabung dengan Partai Golkar juga terpaksa tak diakomodir.
Dari nama-nama yang tergusur itu, dua di antaranya yakni Alfons Loemau dan Umbu Sappi Pateduk langsung menyatakan mundur dari Partai Golkar. Umbu Sappi Pateduk memilih bergabung ke PDIP sedangkan Alfons Loemau bergabung dengan Partai Demokrat.
Sumber tepercaya di Partai Golkar kepada Timor Express menyebutkan bahwa beberapa kader Partai Golkar sudah pindah ke beberapa partai lain itu diakibatkan karena tak diakomodir oleh Partai Golkar sebagai calon legislatif (caleg) 2019 nanti. Padahal, mereka sudah memberi kontribusi biaya survei dengan kisaran Rp 1 juta sampai Rp 20 juta.
Koordinator Bidang Pemenangan Pemilu (Korbid PP) Indonesia Timur DPP Partai Golkar, Melkias Markus Mekeng yang diwawancarai Timor Express, Rabu kemarin di Jakarta membantah bahwa DPP Partai Golkar sudah menetapkan nama-nama caleg yang akan maju dalam Pemilu Legislatif 2019 nanti. “Belum ada penetapan kok,” sebut Mekeng singkat. Namun, ketika ditanya bahwa telah beredar sejumlah nama yang dinyatakan lolos survei yang dilakukan oleh Partai Golkar, dirinya kembali mempertegas bahwa ia tak tahu sama sekali. “Saya Nggak tahu yah,” ujarnya lagi.
Dari sejumlah nama yang dinyatakan lolos dan diketahui Timor Express untuk Daerah Pemilihan (Dapil) NTT II, yakni Melki Laka Lena, Yulianus Pote Leba, Ayub Titu Eki, Paul V.R. Mella, John Saetakela, Selvi Mehang Kunda, Merry Lenggu dan Inche Sayuna. Sementara untuk Dapil NTT I, yakni Melkias Markus Mekeng, Anwar Pua Geno, Honing Sani, Sebastian Salang, Cyrilus Kerong, Adeodata Tridecima dan Margatasina Karbeka.
Sementara itu, informasi dari internal DPD Partai Golkar NTT, menyebutkan DPD I Partai Golkar NTT sudah memutuskan sejumlah nama calon anggota DPRD NTT khusus untuk daerah pemilihan NTT 1 meliputi Kota Kupang dan dapil 2 meliputi Kabupaten Kupang, Rote Ndao dan Sabu Raijua. Beberapa nama yang dikabarkan sudah disetujui untuk dapil 1, yakni Jonas Salean, Mohamad Ansor dan Heru Restu Dupe. Sementara di dapil 2, nama-nama yang bakal ditetapkan adalah Samuel Nitti, Cornelis Feoh, Octory Gasperz, Libby Sinlaeloe, Linda Haninuna dan Linda Kolnel. Nama-nama kader lainnya yang selalu menjadi langganan caleg seperti Nixon P. Y. A. Messakh dan Benny Taopan bakal tak lolos.
Namun, terkait penetapan caleg untuk DPRD NTT, Ketua DPD I Partai Golkar NTT, Melki Laka Lena yang dikonfirmasi malam tadi membantah. Menurutnya, pencalegan masih dalam proses. Untuk DPR RI pun demikian. “Kita masih menunggu prosesnya,” kata Melki singkat. (gat/fmc/cel/sam)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Jaringan Berita Terbesar

© 2016 TIMOREXPRESS.COM by FAJAR.co.id

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!