Diduga, Suket Kesehatan Caleg Dipalsukan – Timor Express

Timor Express

RAKYAT TIMOR

Diduga, Suket Kesehatan Caleg Dipalsukan

RSUD SoE Temui Tiga Kasus

SOE, TIMEX – Sejumlah calon legislatif (Caleg) di Kabupaten TTS tidak bisa melakukan registrasi surat keterangan (Suket) kesehatan di RSUD SoE, lantaran suket kesehatan yang dibawa beberapa caleg palsu, yang bukan dikeluarkan oleh RSUD SoE.

Sejauh ini, RSUD SoE telah mengidentifikasi tiga suket kesehatan yang dipalsukan masing-masing berinisial, DU, ML dan GN.

Direktur RSUD SoE, Ria Tahun kepada wartawan di ruang kerjanya, Kamis (12/7) menjelaskan, pihaknya mengetahui jika suket kesehatan palsu karena pada coretan item yang tidak perlu dilakukan dengan sistem computer. Sementara pada suket kesehatan yang dipalsukan dicoret secara manual.

Selain itu, pada cap RSUD SoE terdapat sedikit cekungan pada bagian atas, sementara pada suket kesehatan yang dipalsukan tidak terdapat cekungan. Begitupun perbedaan lain seperti logo kop suket kesehatan yang asli hitam putih, sementara yang palsu logo kop surat berwarna.

“Fon cap kami 10. Sedangkan di surat yang palsu menggunakan fon di bawah 10. Dokter Juan Manu yang menandatangi suket kesehatan palsu itu, juga sudah kami konfirmasi dan beliau mengaku tidak menandatangani suket kesehatan atas nama GN. Karena pada tanggal suket kesehatan yang dipalsukan itu dikeluarkan, ternyata Juan Manu sementara libur,” papar Ria diamini KTU RSUD SoE, Richard Sareng.

Dirincikan, dokter yang memiliki kewenangan untuk menandatangani suket kesehatan caleg adalah dokter umum diantaranya, Dodik Prasetyo, Likik, Juan Manu, Adriani Otu, Hardman Sitorus dan Astrina Saragi. Oknum pemalsu suket kesehatan caleg rupannya memilih untuk menggunakan Juan Manu, karena tanda tangan Juan Manu sangat mudah ditiru.

Pihaknya menduga, kasus itu terjadi lantaran terdapat oknum petugas dari RSUD SoE yang bekerja sama dengan oknum masyarakat, sehingga dapat memalsukan suket kesehatan caleg tersebut.

“Padahal urus surat keterangan kesehatan hanya satu hari saja dengan membayar uang administrasi Rp 314.000, sesuai Perda Nomor 20 tahun 2011 tentang Retribusi Pelayanan,” papar dia.

Ria mengatakan, karena kasus itu merugikan RSUD SoE serta Juan Manu yang menandatangi suket kesehatan palsu, maka pihaknya bakal berkoordinasi dengan Peradi dan TP4D untuk menindaklanjuti kasus itu.

“Memang ini sangat merugikan RSUD SoE dan khususnya Juan Manu yang menandatangani suket kesehatan palsu itu. Kami kan sudah kerja sama dengan Peradi SoE, sehingga kami akan koordinasikan kasus ini ke Peradi SoE, untuk mengambil sikap apakah bawa persoalan ini ke ranah hukum ataukah tidak,” bilang dia.

Beberapa caleg yang diduga suket kesehatannya dipalsukan menyebutkan bahwa suket kesehatan palsu itu diperoleh dari Semy Wohangara. Surat keterangan kesehatan itu diperoleh dengan membayar uang Rp 250.000.

“Kami hanya kasih uang saja tanpa periksa kesehatan. Kami baru tahu kalau itu palsu waktu mau regis, petugas di RSUD SoE tolak bilang itu palsu baru kami kaget. Terpaksa kami urus ulang lagi,” papar oknum caleg itu.

Semy Wohangara yang disebut-sebut memalsukan surat keterangan kesehatan, ketika dikonfirmasi membantah jika ia bertindak sebagai calo dalam pengurusan surat tersebut. Saat itu, ia hanya menganjurkan kepada beberapa caleg yang datang meminta bantuan kepadanya, agar mereka langsung ke RUSD SoE untuk memperoleh surat tersebut. Bahkan ada caleg yang datang kepadanya dengan membawa uang kurang dari yang diisyaratkan RSUD SoE, sehingga ia mengarahkan agar langsung lobi di RSUD SoE. Mungkin karena caleg yang disarankannya itu langsung melobi dengan pegawai di RUSD SoE, sehingga beberapa hari kemudian pegawai di RSUD SoE mengantar suket kesehatan itu di rumahnya.

Namun sayang, ia mengaku tidak mengenal pegawai yang mengantar suket kesehatan tersebut. “Buat apa saya calo itu barang (surat keterangan kesehatan, red). Saya sudah beberapa minggu sakit, jadi saya tidak urus yang itu lagi,” kata Semy. (yop/ays)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Jaringan Berita Terbesar

© 2016 TIMOREXPRESS.COM by FAJAR.co.id

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!