Kembangkan Usaha Menengah ke Bawah – Timor Express

Timor Express

EKONOMI

Kembangkan Usaha Menengah ke Bawah

CSR. Departemen Head Bandara El Tari Kupang, Kadir Usman (empat dari kanan) dan Sales & CSR Section Head, Haikal Gumilang (kanan) pose bersama penerima dana CSR di Gedung Serba Guna (GSG), Jumat (13/7)

TOMMY AQUINODA/TIMEX

Angkasa Pura El Tari Salurkan Dana CSR
KUPANG, TIMEX – PT Angkasa Pura I (Persero) Cabang Bandara El Tari Kupang, Jumat (13/7) kembali menyalurkan dana Coorparte Social Responsibility (CSR) tahap kedua di tahun 2018. Seperti biasanya, dana CSR yang disalurkan Angkasa Pura tersebut meliputi dua program, yakni program kemitraan dan program bina lingkungan.

Untuk program kemitraan, total dana pinjaman yang disalurkan bagi enam mitra (pelaku UKM) sebesar Rp 295 juta. Diantaranya, UD Pratama Jaya sebesar Rp 150 juta, UD Syahmi Rp 10 juta, peternakan babi Akostan Rp 70 juta, peternakan babi Gerans Rp 15 juta, peternakan babi Dortiana Rp 10 juta dan peternakan babi Daud Nautu Rp 40 juta. Sedangkan untuk program bina lingkungan, total dana yang disalurkan sebesar Rp 120 juta. Empat lembaga pendidikan selaku penerima bantuan yakni SMAN I Taebenu, SMKN 4 Kupang, Paud Philia dan Paud Azizah masing-masing menerima dana sebesar Rp 30 juta.

Pantauan Timor Express, dana CSR tersebut diserahkan secara langsung kepada penanggungjawab (penerima) oleh Departemen Head Bandara El Tari Kupang, Kadir Usman didampingi Sales & CSR Section Head, Haikal Gumilang.

Kepada wartawan, Kadir Usman mengatakan, penyaluran dana CSR merupakan program kerja dari unit CSR PT Angkasa Pura I Bandara El Tari Kupang. Penyaluran dana CSR kali ini merupakan penyaluran tahap kedua dari empat tahap yang akan disalurkan selama tahun 2018.

Khusus untuk program kemitraan, lanjut Kadir, dana pinjaman diberikan kepada pelaku usaha menengah ke bawah, yang bergerak di bidang usaha peternakan, pertanian, perikanan, perdagangan dan sektor lainnya. Namun, bunga kredit yang dibebankan kepada penerima bantuan terbilang sangat kecil/ringan, yakni tiga persen dengan jangka waktu pengembalian maksimal tiga tahun.

“Bunga tiga persen sudah tentu paling rendah dari seluruh pemberi kredit di Indonesia. Boleh dicek ke perbankan. Rata-rata perbankan memberikan bunga kredit sebesar tujuh sampai delapan persen per tahun,” ujarnya.

Untuk program bina lingkungan, Kadir menjelaskan, dana yang diberikan murni bantuan hibah dan tidak ada pengembalian. Kendati tidak ada pengembalian, namun pihaknya akan melihat pertanggungjawaban dari pihak penerima dalam bentuk fisik pembangunan di lapangan. Misalnya pembangunan lapangan serba guna, renovasi gedung dan lain sebagainya.

Menurut Kadir, untuk mendapatkan bantuan baik program kemitraan maupun bina lingkungan, calon penerima harus memasukan proposal. Selanjutnya, staf unit CSR akan melakukan survei kelayakan. Dan bantuan hanya diberikan kepada penerima yang memang dinilai layak.

“Khusus program kemitraan, mitra kita bisa diberikan bantuan susulan (tahap II dan seterusnya, red), apabila dinilai layak untuk diberi tambahan kredit serta lancar dalam pengembalian kredit. Kalau masih ada sisa pinjaman pertama, ya kita tutup pinjaman itu dan berikan pinjaman kedua,” terang dia.

Kadir menambahkan, sejak Angkasa Pura hadir di Kupang dan menyalurkan dana CSR, sudah ada sekitar 500 pelaku UKM yang menjadi mitra mereka. Secara kumulatif, rata-rata kredit macet masih di bawah sepuluh persen.

“Artinya ada juga mitra kita yang macet dalam melakukan pengembalian. Tepi kami terus mendorong mereka untuk melakukan pengembalian,” tandasnya.

Salah satu penerima, Daud Nautu mengaku bersyukur bisa mendapatkan bantuan kredit dengan bunga yang sangat ringan oleh Angkasa Pura. Dengan bantuan yang ada, warga Desa Baumata Timur Kecamatan Taebenu Kabupaten Kupang itu mengaku akan mengembangkan usaha peternakan babi miliknya dan berkomitmen untuk melakukan pengembalian tepat waktu.

“Terima kasih Angkasa Pura yang sudah membantu saya dan penerima lainnya. Bantuan ini sangat bermanfaat untuk pengembangan usaha kami,” ungkapnya. (tom)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Jaringan Berita Terbesar

© 2016 TIMOREXPRESS.COM by FAJAR.co.id

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!