KPU Verifikasi Berkas Bacalon DPD RI – Timor Express

Timor Express

SUKSESI

KPU Verifikasi Berkas Bacalon DPD RI

Jimmi Sianto: Ini Tantangan Baru

KUPANG, TIMEX-Komisi Pemilihan Umum (KPU) NTT telah menerima pendaftaran 36 bakal calon anggota DPD RI pada 11 Juli 2018 lalu. Selanjutnya, KPU melakukan verifikasi terhadap dokumen, baik itu hard copy dan soft copy atau berkas para calon, mulai 12-18 Juli.

Demikian dijelaskan Ketua KPU NTT, Maryanti Luturmas-Adoe kepada Timor Express, Jumat (13/7). “Sedang diverifikasi,” kata Tanti, sapaan Maryanti.

Dari hasil verifikasi tersebut, jika ditemukan kekurangan atau dokumen tidak lengkap, KPU masih memberikan kesempatan kepada bacalon DPD untuk melengkapi sesuai waktu yang ditentukan, yakni 21-24 Juli.

Sebelumnya, Anggota DPRD NTT yang juga Ketua Komisi V, Jimmi Sianto ikut mendaftar sebagai calon anggota DPD RI ke KPU NTT, Rabu (11/7). Jimmi datang didampingi puluhan anak muda yang menamakan diri Teman JS (Jimmi Sianto). Bahkan ada pula yang menggunakan baju kaos hitam dengan tulisan #2019 PILIH JIMMI SIANTO DPD RI.

Anggota DPRD NTT dapil 1 Kota Kupang itu diterima langsung Ketua KPU NTT, Maryanti Adoe dan anggota, disaksikan Anggota Bawaslu NTT, Jemris Fointuna.

Kepada wartawan, Jimmi katakan, dia memilih bertarung di DPD karena adanya kisruh di tubuh Partai Hanura yang menjadi kendaraan politiknya selama ini. Dia katakan, proses yang dia alami diyakini sebagai kehendak Tuhan agar dirinya naik kelas. “Agar saya harus naik kelas dan bisa berbuat lebih untuk masyarakat NTT,” kata Jimmi.

Meski mengakui tidak nyaman dengan kekisruhan di Hanura, Jimmi secara tegas ingin tetap menjadi kader Hanura dan tidak ingin berpindah partai. Apalagi hanya untuk bertarung dalam pemilihan legislatif (Pileg) 2019 nanti. Menurut dia, hambatan di Hanura tidak akan mengubah kesetiaannya kepada Hanura yang dia pimpin sejak awal masuk ke NTT itu.

“Tidak bermaksud menyinggung politisi lain, tapi saya kalau dalam berpolitik selalu menghindari yang namanya politisi kutu loncat,” kilah Jimmi.

Menjadi calon anggota DPD, lanjut Jimmi adalah tantangan baru, dan bukan karena dirinya takut tidak terpilih lagi jika kembali bertarung di DPRD NTT dapil Kota Kupang. Dia yakin akan terpilih lagi walaupun dia mencalonkan diri sebagai caleg DPRD NTT dari partai apapun. “Tapi pilihan ini menjadi tantangan baru bagi saya,” yakinnya.

Ditanya terkait mimpinya untuk NTT setelah terpilih, Jimmi mengaku selalu menghindari janji-janji politik, namun tetap komit untuk perjuangkan aspirasi masyarakat. Dengan begitu, dia optimistis masyarakat akan memberikan kepercayaan kepadanya menjadi anggota DPD RI. “Orang mengatakan, anggota DPD RI cuma terpilih empat orang (setiap provinsi). Saya katakan, iya, hanya empat dan salah satunya itu saya,” kata dia lagi.

Selain Jimmi Sianto, beberapa kader Hanura yang ikut bertarung di DPD RI, misalnya Agustinus Lesek, Syafrudin Atasoge dan Ventje Abanit yang sebelumnya didukung Partai Hanura pada pilbup Belu 2015 lalu.(cel)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Jaringan Berita Terbesar

© 2016 TIMOREXPRESS.COM by FAJAR.co.id

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!