Kades Caleg Wajib Lampirkan SK Pemberhentian – Timor Express

Timor Express

RAKYAT TIMOR

Kades Caleg Wajib Lampirkan SK Pemberhentian

Belum Ada Kades yang Ajukan Permohonan Pengunduran Diri

KEFAMENANU, TIMEX – Memasuki masa pendaftaran calon legislatif tingkat kabupaten, sejumlah kades di Kabupaten TTU ikut terlibat sebagai calon legislatif (Caleg) dari sejumlah partai politik. Keterlibatan kades menjadi calon legislatif memiliki persyaratan khusus tersendiri dibandingkan dengan caleg lainnya.

Persyaratan khusus tersebut diantaranya kades yang ingin mencalonkan diri sebagai caleg wajib melampirkan surat pernyataan pengunduran diri dari jabatan, tanda terima surat pernyataan pengunduran diri yang diberikan kepada instansi terkait dan surat keterangan dari atasan yang menerangkan bahwa SK pemberhentian sementara diproses.

Namun sayangnya, hingga kini belum ada kepala desa yang mengajukan permohonan pengunduran diri kepada Bupati TTU melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD).

Bahkan, waktu untuk pendaftaran caleg di KPU hingga Rabu (18/7) mendatang.

Informasi yang dirampung Timor Express menyebutkan, terdapat tiga kepala desa di Kabupaten TTU yang ingin menjadi caleg 2019 diantaranya, Kepala Desa Sapaen Kecamatan Biboki Utara, Falentinus Manek, Kepala Desa Luniup Kecamatan Biboki Moenleu, Brando Sonbiko dan Kepala Desa Tainsala Kecamatan Insana Tengah, Rofinus Manikin.

Juru bicara KPU TTU, Fidelis Olin kepada Timor Express, Jumat (13/7) mengatakan, setiap warga negara memiliki hak dan kewajiban yang sama untuk dipilih dan memilih sesuai dengan ketentuan perundang-undangan tak terkecuali para kepala desa yang ingin mencalonkan diri sebagai calon legislatif wajib melengkapi persyaratan dan ketentuan-ketentuan yang berlaku.

Ia menambahkan, apabila tidak melengkapi dokumen tersebut, maka caleg yang masih berstatus kades akan dibatalkan bahkan surat pernyataan pengunduran diri tersebut harus bersifat final dan mengikat bahkan tidak diganggu-gugat oleh kades tersebut.

“Kalau ada kades yang mau caleg wajib lampirkan surat pernyataan pengunduran diri dari jabatan, tanda terima surat pernyataan pengunduran diri yang diberikan kepada instansi terkait dan surat keterangan dari atasan yang menerangkan bahwa SK pemberhentian sementara diproses,” ungkap Fidelis.

Sementara, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten TTU, Djuandi David ketika dikonfirmasi Timor Express mengatakan, hingga kini pihaknya belum menerima surat permohonan pengunduran diri dari jabatan sebagai kepala desa dari sejumlah kades yang ikut dalam mencalonkan diri sebagai caleg 2019.

Ia menambahkan, apabila terdapat kades yang mengajukan permohonan pengunduran diri dari jabatan, maka pihaknya akan kooperatif membantu memberikan surat keterangan yang dibutuhkan oleh KPU sebagai salah satu syarat pencalonan sebagai caleg.

“Sampai sekarang belum ada kades yang ajukan permohonan pengunduran diri, namun kalau ada, maka kita akan bantu sehingga salah satu syarat yang dibutuhkan KPU bisa terpenuhi,” katanya. (mg26/ays)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Jaringan Berita Terbesar

© 2016 TIMOREXPRESS.COM by FAJAR.co.id

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!