KPU: Tak Lengkap, Maaf Kami Tolak – Timor Express

Timor Express

SUKSESI

KPU: Tak Lengkap, Maaf Kami Tolak

MENDAFTAR.Ketua KPU NTT, Maryanti Adoe menerima dokumen pendaftaran caleg dari Ketua DPD Gerindra NTT, Esthon Foenay di KPU NTT, Senin (16/7).

ISTIMEWA

14 Parpol Rabutan di Hari Terakhir Daftar Caleg

KUPANG, TIMEX-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi NTT harus bekerja ekstra Selasa (17/7). Betapa tidak, di hari terakhir pendaftaran bakal calon legislatif ini, masih ada 14 partai politik yang belum mendaftar.
Sejak dibuka tanggal 4 Jui 2018 lalu, baru dua parpol yang mendaftar, yakni Partai Nasdem pada Minggu (15/7) dan partai Gerindra mendaftar pada Senin (16/7). Sementara 14 parpol lainnya dijadwalkan baru mendaftar secara maraton pada hari ini.
Juru Bicara KPU NTT, Yosafat Koli yang diwawancara Timor Express mengakui, pihaknya harus siap menerima parpol yang mau mendaftar, meski dalam waktu yang semakin mendesak. Sebagai penyelenggara, Yos berharap parpol sudah melengkapi seluruh berkas yang dibutuhkan, sehingga tidak menjadi penghalang saat mendaftar.
“Yang penting mereka siapkan berkasnya dengan baik. Yang paling penting formulir model B1, B2 dan B3 itu lengkap. Kalau itu tidak lengkap, kami kembalikan. Dan kalau sampai pukul 00:00 tidak lengkap, mohon maaf kami tolak,”
Yos jelaskan, dokumen yang paling penting adalah surat pernyataan tentang keterwakilan perempuan 30 persen, surat pernyataan bahwa proses sudah dilakukan secara demokratis. “Kami ikut aturan, jadi kecuali ada perintah lain dari KPU RI,” tandasnya.
Setelah diterima pendaftaranya, parpol masih diberi kesempatan untuk melakukan perbaikan terhadap dokumen-dokumen caleg yang masih belum lengkap, kecuali formulir model B1, B2 dan B3. Untuk perbaikan, terdapat 3 hal yang bisa dilakukan pada masa perbaikan, yakni melengkapi dan memperbaiki dokumen syarat calon. Jika tidak bisa melengkapi dan memperbaik syarat calon, calon tersebut dapat diganti. No urut tidak bisa diubah atau ditambah, dan dapat menambah dapil yang kurang jika sudah diajukan pada masa pendaftaran. “Ganti caleg itu kecuali perempuan, tetapi kalau laki-laki tidak boleh. Kalau meninggal, kami kasi kosong,” tambahnya.
Partai Gerindra dalam pendaftarannya diterima langsung Ketua KPU NTT, Maryanti Luturmas-Adoe didampingi semua anggota KPU. Ketua DPD Gerindra NTT, Esthon Foenay didampingi Sekretaris, Gabriel Beribina dan pengurus, tiba di KPU sekira pukul 14:30 Wita.
Eston Foenay mengatakan, jika ada dokumen yang kurang atau yang harus diperbaiki, pihaknya meminta agar segera dikonformasi agar segera diperbaiki.
Setelah diperiksa dokumennya, Maryanti Adoe menyatakan dokumen yang dibutuhkan untuk pendaftaran itu lengkap dan bisa diterima. Tim KPU dan Bawaslu langsung melakukan pemeriksaan kesesuain isi dari dokumen syarat yang diserahkan tersebut.(cel)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!