Timor Express

PENDIDIKAN

Undarma Terapkan Pola Timatik Refolusi Mental

PEMBEKALAN.Mahasiswa Undarma Kupang mengikuti pembekalan kampus tersebut terkait pembekalan sebelum KKN, Senin (16/7).

INTHO HERISON TIHU/TIMEX

Bekali 95 Mahasiswa Sebelum KKN

KUPANG, TIMEX–Sistem penyelenggaraan Kulia Kerja Nyata (KKN) di Universitas Karyadarma (Undarma) Kupang tidak lagi menggunakan sistem reguler yang digunakan kebanyakan perguruan tinggi. Undarma menerapkan pola KKN timatik refolusi mental yang diadopsi dari Universitas Gajah Madah dan Udayana Bali serta Universitas ternama lain.
Undarma mengubah pola KKN tersebut agar lebih cepat menyikapi setiap kebijakan dan upaya pembanguanan yang ada di NTT, khususnya Kabupaten Kupang. Kali ini, mahasiswa program studi Perencanaan Tata Kota sebanayk 8 orang adalah yang pertama mengikuti KKN. Jurusan Perencanaan Tata Kota sudah ada sejak 3 tahun lalu. Sementara 87 lainnya berasal dari program studi terdahulu.
Pola KKN Tematik Refolusi Mental sering dilakukan oleh sejumlah universitas ternama namun lebih mengarah pada pariwisata. Sementara Undarma berbasis perencanann dana desa, mengingat alokasi dana desa setiap tahun terus bertambah. Sementara daya serap dan hasil tidak maksimal.“Kami merasa bahwa kami harus membuat kecamatan binaan, maka dipilihlah kecematan Nekamese dengan jumlah desa terbanyak. Namun dibagi dua dengan UKAW, sehingga hanya 7 desa yang terpilih,” jelas Oscar Imanuel Charles Sinlaeloe, Dosen undarma Kupang.
Oscar jelaskan, dari tujuh desa itu, orientasi dan fokus pelayan lebih banyak masalah yang ada di dusun yang ada. Masalah yang perlu didata adalah kependudukan, masalah potensi desa, sehingga autputnya adalah membentuk profil desa sebagai acuan untuk membandingkan dengan hasil sensus ekonomi tahun 2016 dan 2017 yang dimiliki BPS.
“Setelah itu, kami akan memberikan masukan kepada Dinas PMD Kabupaten. Sehingga, arah KKN ini adalah KKN Pembalajaran Masyarakat Desa (PMD) dan dilanjutkan dengan KKN tematik apabila upaya MoU dengan Dinas PMD sudah berjalan,” kata Oscar.
Materi pembekalan dibawakan langsung Kepala Dinas PMD Kabupaten Kupang, Anis Masneno sebagai bentuk pengenalan kepada pemerintah daerah, apa itu KKN tematik dan memberikan pemaham yang lebih luas tentang kehidupan masyarakat desa kepada 95 mahasiswa tersebut.
Dia berharap, seluruh stakeholder dan civitas akademika untuk turut mengambil bagian dalam mengawala kegiatan tersebut. Para mahasiswa dilepas oleh Rektor Undarma, Silvester Taneo pada 30 Juli-30 Agustus 2018 mendatang.
”Memang masyarakat yang bersedia menerima mahasiswa Undarama meminta untuk jangka waktu KKN sampai Agustus. Namun ini belum ada jawaban yang pasti, karena masih melakukan audiens dengan camat dan kepala desa,” tutup Oscar.
Jumlah dosen pembimbing dipastikan mencapai 35 orang yang akan mengawal kegiatan KKN di 7 desa itu. Kegiatan ini dibuka Rektor undarama Kupang, Silvester Taneo dan dihadir seluruh dosen serta petinggi Undarma Kupang.(mg29/cel)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!