Pemkot Prioritas Honorer K2 – Timor Express

Timor Express

KUPANG METRO

Pemkot Prioritas Honorer K2

Menunggu Kuota dari KemenPAN-RB

KUPANG, TIMEX – Pemerintah Kota (Pemkot) Kupang tetap memprioritaskan pengangkatan honorer K2 menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN).

Hal ini diungkapkan Wali Kota Kupang Jefri Riwu Kore saat diwawancarai Timor Express, Senin (16/7).

Orang nomor satu di Pemkot Kupang itu mengatakan, sampai saat ini, Pemkot Kupang masih menunggu petunjuk dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) untuk menetapkan kuota ASN.

“Sampai saat ini kami masih menunggu petunjuk dari kementerian.  Jika sudah diberikan kuota untuk Kota Kupang, kami memang tetap akan memprioritaskan honorer K2,” ujarnya.

Menurut Jefri, Pemkot Kupang memang akan menambah tenaga honorer khusus untuk tenaga guru dan tenaga medis, tetapi dilakukan harus setelah adanya pengangkatan honorer K2.

“Kami memang akan menambah tenaga honorer untuk melengkapi kekurangan agar bisa maksimalkan pelayanan,” ujarnya.

Menurutnya, tenaga honorer tetap diperjuangkan, tetapi pihaknya akan mendahulukan tenaga K2, karena banyaknya tenaga K2 yang belum diangkat dan sudah mengabdi selama bertahun-tahun.

“Tetap kita perjuangkan. Kita bukannya tidak perjuangkan, tetapi apabila ada pengangkatan kami akan prioritaskan dahulu tenaga K2, karena mereka ini sudah mengabdi selama bertahun-tahun,” ujarnya.

Sebelumnya, Wali Kota yang akrab disapa Jeriko tersebut juga mengatakan pemerintah pusat akan mengangkat K2 menjadi PNS apabila tenaga honorer dikurangi atau dirasionalisasikan, dengan melihat dari tupoksi dan kinerja setiap honorer, kemudian dikaji oleh pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) masing-masing.

Selain kinerja, sikap dan disiplin juga dinilai yang nantinya akan dimasukan ke Badan Kepegawaian Daerah (BKD) untuk ditindaklanjuti.

Namun, lanjut Wali Kota, sampai saat ini belum ada kuota untuk Kota Kupang, tetapi apabila sudah ada kuota dari Kemenpan-RB maka tenaga K2 akan diprioritaskan.

Terpisah, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Setda Kota Kupang, Daud Djira, mengatakan, hingga kini pihaknya belum mendapat informasi mengenai kuota pengangkatan untuk Kota Kupang dari Kementerian.

Pihaknya akan terus menunggu hingga adanya kuota resmi dari Kementerian.

“Sampai sekarang belum ada kuota dari kementerian kita masih tunggu jadi belum bisa berikan informasi berapa banyak kuota yang diberikan kementerian untuk kita,” ujarnya.

Dia mengaku, pihak BKD sudah ke KemenPAN-RB untuk mengecek langsung, namun memang dari kementerian menjelaskan bahwa untuk  Kota Kupang belum ada kuota.

“Prinsipnya kami hanya menunggu instruksi kementerian, jika sudah ditetapkan kuota maka kami akan umumkan,” pungkas Daud Djira. (mg25/joo)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!