14 Anggota DPRD Tak Terdaftar – Timor Express

Timor Express

SUKSESI

14 Anggota DPRD Tak Terdaftar

Pendaftaran Bacaleg Tegang

KUPANG, TIMEX – Proses pendaftaran bakal calon legislatif (Bacaleg) DPRD Provinsi NTT ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) NTT berlangsung tegang hingga Rabu (18/7) dini hari.
Betapa tidak, lima partai politik memasukkan dokumen pendaftaran hanya kurang dari lima menit jelang penutupan pendaftaran. Selain itu, KPU harus bekerja ekstra hingga proses penerimaan pendaftaran tersebut diskors beberapa kali.
Bahkan Partai Berkarya, PKS, PPP dan Garuda baru dilanjutkan proses pemeriksaan berkas pendaftaran pada Rabu (18/7) sore hingga malam. KPU sebelumnya harus menunda proses pemeriksaan berkas karena beberapa bacaleg belum mencantumkan pas foto pada dokumen pendaftaran.
Anggota Bawaslu NTT, Jemris Fointuna kepada Timor Express memastikan, setelah melakukan pemeriksaan dokumen pendaftaran, 16 partai politik dinyatakan lolos dalam proses pendaftaran.
Dia sebutkan, dari 16 parpol tersebut, terdapat 957 orang yang didaftarkan untuk 8 daerah pemilihan. Dari jumlah tersebut, masing-masing laki-laki sebanyak 608 orang dan perempuan 349 orang. “Keterwakilan perempuan bacaleg yang diajukan parpol, semuanya memenuhi syarat minimal 30 persen,” kata Jemris.
Menariknya, dari data bacaleg yang diperoleh Timor Express, sedikitnya 14 anggota DPRD NTT saat ini yang tidak masuk dalam daftar bacaleg DPRD NTT 2019. Dari 14 nama, paling banyak dari Fraksi Hanura dan Golkar, yakni masing-masing sebanyak tiga orang, masing-masing Ketua Fraksi Hanura, Jimmy Sianto dan anggota, Mercy Piwung dan Timotius Terang. Dari Golkar, Ketua DPRD NTT, Anwar Pua Geno, Samuel Nitti dan Alfridus Bria Seran.
Jimmy Sianto sendiri telah mendaftarkan diri sebagai bakal calon anggota DPD RI daerah pemilihan Provinsi NTT. Selanjutnya, Anton Bele dari Fraksi PDIP, Tony Bengu dari Gerindra, Pdt. Samuel Nitti dari Golkar, Hironimus Banafanu dari PDIP dan Alfridus Bria Seran dari Golkar.
Sementara Army Konay dari Nasdem sudah terpilih menjadi wakil bupati TTS dalam pilbup 27 Juni 2018 lalu. Menariknya, beberapa nama yang tidak terdaftar di tingkat provinsi, sudah terdaftar di bacaleg DPR RI. Mereka adalah Viktor Lerik yang sebelumnya di Gerindra menjadi bacaleg Nasdem bersama Alex Ena. Selain itu, bacaleg DPR RI lainnya, yakni Aleta Baun dari PKB, Winston Rondo dari Demokrat dan juga Anwar Pua Geno dari Golkar. (cel/sam)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!