Viktor-Josef Fokus Lima Misi – Timor Express

Timor Express

SUKSESI

Viktor-Josef Fokus Lima Misi

ORASI.Paslon gubernur dan wakil gubernur terpilih, Viktor Bungtilu Laiskodat-Josef Nae Soi saat berorasi di hadapan pendukungnya beberapa bulan lalu.

ISTIMEWA

Tim Transisi Serahkan Dokumen Program ke Pemprov

KUPANG, TIMEX-Perencanaan APBD NTT Perubahan 2018 dan APBD 2019 dipastikan akan berisi program-program yang termuat di dalam visi misi pasangan calon gubernur NTT terpilih, Viktor Bungtilu Laiskodat-Josef Nae Soi.

Hal ini ditandai dengan adanya tim transisi Victory-Joss yang telah menyerahkan dokumen program tersebut kepada pemerintah Provinsi NTT melalui Sekda NTT, Ben Polo Maing, Senin (30/7).

Tim Transisi yang dipimpin David Pandie itu juga diikuti Prof Daniel Kameo,
Sarah Lerik Mboeik dan sejumlah anggota tim lainnya. Sekda NTT didampingi pihak Bappeda Provinsi NTT, yakni Zeth Sonny Libing.

David Pandie yang diwawancara usai penyerahan dokumen tersebut menjelaskan, Victory-Joss akan fokus pada lima misi yang mencakup kesejehtaraan masyarakat. Dia sebutkan, misi pembangunan pariwisata, pembangunan infrastruktur dan pembanguna SDM, Pendidikan dan kesehatan serta reformasi birokrasi. David jelaskan, pariwisata merupakan program strategis yang akan menggerakkan ekonomi untuk perubahan NTT. Dan, hal ini erat kaitannya dengan tagline Victory-Joss, yakni “NTT Bangkit”.

Dia katakan, tim menyerahkan dokumen tersebut dan akan menjadi ranah pemerintah serta DPRD untuk menjadi bahan pertimbangan. Dia berharap, visi misi paslon terpilih tersebut diterjemahkan dan bisa dimasukkan ke dalam program kerja pemerintah melalui APBD perubahan 2018 dan APBD 2019 nanti.

Dengan sisa waktu untuk APBD perubahan yang semakin mepet, David berharap pemerintah dan DPRD bisa menyesuaikan program-program yang menjadi priotias utama. “Sehingga pilihan-pilihan prioritas program itu lebih pada program yang menjawab langsung apa yang menjadi kebutuhan masyarakat,” kata Danid.

Sebagai persiapan untuk APBD murni 2019, desain besar program sudah dimulai dari APBD perubahan. Selanjutnya, tim juga akan bersama-sama dengan Bappeda NTT untuk menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2018-2023.

Sebelumnya, Penjabat Gubernur NTT, Robert Simbolon saat hari pertama tiba di Kupang, Rabu (18/7) langsung membahas rencana sinkronisasi program paslon terpilih dengan program pemerintah, baik di APBD perubahan 2018 dan APBD 2019 nanti.

Menurut RObert, di masa transisi ini, pihaknya manfaatkannya untuk mulai menginstalasi program-program strategis dan janji politik gubernur terpilih. Dia memastikan janji-janji politik atau visi-misi gubernur terpilih akan dimuat di dalam dokumen formal, misalnya ABPD dan RPJMD. Meski demikian, dia akui, kemampuan anggaran yang terbatas, sehingga tidak semua janji bisa dimasukkan sekaligus. “Tetapi paling tidak di masa transisi ini, kita upayakan untuk terbangunnya fondasi penyelenggaraan kepemimpinan di bawah kepemimpinan Viktor Laiskodat-Josef Nae Soi,” tambahnya.

Dia kembali tegaskan, penyusunan dan penetapan RPJMD yang menjadi formalisasi dari janji-janji politik gubernur terpilih sudah harus dilakukan. “Jangan sampai kepemimpinan Viktor Laiskodat sudah berlangsung, tapi RPJMD belum disiapkan. Nanti akan kesulitan untuk memastikan programnya terlaksana atau belum, karena satuannya ada di RPJMD,” tambah dia lagi.(cel)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!