Kesehatan Urusan Wajib Pemerintah – Timor Express

Timor Express

RAKYAT TIMOR

Kesehatan Urusan Wajib Pemerintah

Bupati Malaka Canangkan Imunisasi Measles Rubella

BETUN, TIMEX – Bupati Malaka, Stefanus Bria Seran bersama Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTT, Dominggus Minggu Mere membuka pencanangan kampanye imunisasi Measles Rubella (MR) dan pemberian tablet tambah darah bagi remaja putri (TTD Rematri) dan pelayanan kesehatan bergerak (PKB) Puskesmas Alas di aula kantor bupati Malaka, Jumat (3/8).

Hadir pada kesempatan itu, pimpinan OPD, para camat, anggota TNI, Polri, Direktur RSUPP Betun, kepala puskesmas se-Kabupaten Malaka, kepala sekolah serta perwakilan siswa di Malaka.

Bupati Malaka, Stefanus Bria Seran dalam sambutannya mengatakan, untuk kesehatan adalah urusan wajib dan kewajibannya pemerintah daer

 

ah untuk meningkatkan kualitas kesehatan.

“Kita harus menjalankan tugas ini. Bukan pemerintah pusat yang meminta dukungan kepada kita, melainkan secara teknis pemerintah pusat yang memberikan bantuan dan kita yang punya kewajiban untuk menjalankannya,” katanya.

Dikatakan, untuk mengembangkan kesehatan di Malaka, pemerintah mengutamakan tenaga kesehatan yang memadai, sehingga rumah sakit dan setiap puskesmas perlu ada dokter speasialis. Karena dokter merupakan investasi  kemanusian.

Ia berharap, Kabupaten Malaka bisa menjadi pelayanan kesehatan yang baik di NTT.

Stefanus Bria Seran

Stefanus Bria Seran

Sementara itu, Kepala Dinas Keehatan Provinsi NTT Dominggus Minggu Mere dalam sambutannya mengatakan, besarnya komitmen merupakan keberpihakan kepada daerah dan kepada rakyat. Ini sejalan dengan program Nawacita bahwa pemerintah harus menjaga kesehatan rakyatnya.

Ia mengatakan, pihaknya sebagai perpanjangan tangan dari Menteri Kesehatan tidak ada kata lain, harus memperhatikan kesehatan rakyatnya. “Kita akan kirim terus dokter spesialis ke Malaka, karena banyak dokter-dokter kita yang mumpuni termasuk dengan dokter spesialis disini,” bilangnya.

Dikatakan, dalam mengembangkan kesehatan di daerah, membutuhkan keterlibatan masyarakat. Pemberdayaan menjadi hal penting dalam pendekatan. Pihaknya akan mencari metode pendekatan yang baik untuk mengembangkan kesehatan dan integrasi dengan baik karena orang yang sehat yang bisa bekerja dengan baik, bisa memproduksi dengan baik. Selain itu, anak yang sehat bisa mengikuti pendidikan dengan baik. Apabila ia sakit, akan menjadi persoalan. Sehingga, pencanangan, kampanye imunisasi Measles Rubella dan pemberian tablet tambah darah bagi remaja putri dan pelayanan kesehatan bergerak (PKB) menjadi hal yang penting.

“Kita harapkan anak-anak kita mulai dari 9 bulan dan kurang dari 15 tahun dipastikan diberi imunisasi Measles Rubella dan pemberian tablet tambah darah,” ungkapnya. (mg30/ays)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Jaringan Berita Terbesar

© 2016 TIMOREXPRESS.COM by FAJAR.co.id

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!