Hari Ini, MK Keluarkan Putusan – Timor Express

Timor Express

HUKUM

Hari Ini, MK Keluarkan Putusan

Sengketa Pilkada NTT

Sidang Pilkada TTS Belum Terjadwal

JAKARTA, TIMEX – Kamis (9/8) hari ini adalah penentuan sengketa pilkada di Mahkamah Konstitusi. MK akan mengeluarkan putusan melanjutkan sidang sengketa atau dihentikan.

Pasca sidang pertama pekan lalu, majelis hakim MK RI terus menggelar rapat permusyawaratan hakim (RPH) untuk memutuskan apakah perkara yang sudah diajukan oleh para pemohon gugatan akan dilanjutkan atau dihentikan sesuai ketentuan hukum yang berlaku.

Berdasarkan RPH majelis hakim MK RI hingga Selasa (7/8), dari 71 perkara gugatan PHP Kada yang masuk, sebanyak 43 perkara sudah final pembahasan termasuk sudah diputus oleh majelis hakim MK RI.

Juru Bicara (Jubir) MK RI, Fajar Laksono kepada Timor Express di Jakarta, menegaskan hingga Rabu kemarin, majelis hakim MK RI terus melakukan pembahasan untuk memutus perkara PHP Kada yang sudah dilakukan sidang sejak dua pekan lalu. “Perkara yang sudah final pembahasannya dan sudah diputus oleh majelis hakim MK RI hingga Selasa (7/8) sebanyak 43 perkara.

Sementara perkara lainnya masih terus dibahas hingga hari ini (kemarin, Red). Yang jelas, jika perkara tersebut sudah dibahas dan diputus oleh majelis hakim MK RI, maka akan segera diumumkan di website MK RI dan kepada para pemohon, termohon, para pihak serta Bawaslu/Panwaslu juga akan disampaikan pemberitahuan,” tandas Fajar.

Menurutnya, para pemohon, termohon, para pihak serta Bawaslu/Panwaslu supaya menunggu pemberitahuan agenda sidang berikutnya. “Apakah majelis hakim MK RI dalam pembahasan dan putusan perkara PHP Kada akan
memutus perkara para pihak dismissal ataukah langsung ke pembuktian,” ungkapnya.

Ditanya terkait perkara PHP Kada dari Provinsi NTT yang sudah dibahas dan diputus untuk segera disidangkan lagi dengan agenda pengucapan putusan, Fajar tegaskan bahwa ada lima perkara PHP Kada dari NTT yang akan segera dilanjutkan dengan agenda pengucapan putusan. Sementara satu perkara lain agendanya yakni pengucapan ketetapan.

Sementara satu lagi perkara PHP Kada yakni dari Kabupaten TTS masih dibahas dan belum diputus hingga saat ini. Untuk diketahui, lima perkara yang akan dilanjutkan sidangnya dengan
agenda pengucapan putusan masing-masing dari Kabupaten Rote Ndao, untuk pasangan calon Drs. Mesakh Nitanel Nunuhitu, M.Si-Drs. Semuel Conny Penna dengan nomor perkara 23/ PHP. BUP-XVI/ 2018 dan pasangan calon Bima Theodorianus Fanggidae, M.B.A- Drs. Erenst Salmun Zadrak Pella, M.Si dengan nomor perkara 14/ PHP. BUP-XVI/ 2018 disidangkan Kamis (9/8) hari ini pukul 13.00 WIB, Kabupaten Alor untuk pasangan calon Dr. Imanuel Ekadianus Blegur, M.Si-H. Taufik Nampira, S.P., M.M dengan nomor perkara 60/PHP. BUP-XVI/ 2018 disidangkan Jumat (10/8) pukul 08.30 WIB, Kabupaten Manggarai Timur (Matim) untuk pasangan calon Tarsisius Sjukur-Yoseph Byron Aur, S.Sos dengan nomor perkara 16/ PHP. BUP- XVI/ 2018 disidangkan Jumat (10/8) pukul 08.30 WIB dan Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD) untuk pasangan calon Markus Dairo Talu, S.H-Gerson Tanggu Dendo, S.H dengan nomor perkara 49/ PHP. BUP- XVI/ 2018 disidangkan Jumat (10/8) pukul 13.30 WIB.

Sementara satu perkara lain dari Kabupaten Rote Ndao akan disidangkan dengan agenda pengucapatan ketetapan untuk pasangan calon Jonas Cornelius Lun, S.Pd-Dr. Adolfina Elisabeth Koamesakh, M.Th., M.Hum dengan nomor perkara 22/ PHP. BUP- XVI/ 2018 disidangkan Kamis (9/8) pukul 08.30 WIB.

Terpisah, salah satu pemohon gugatan PHP Kada dari Kabupaten TTS, Alexander Kase SPd.K yang dikonfirmasi Timor Express melalui sambungan telepon genggamnya petang kemarin mengaku hingga kemarin pihaknya selaku pemohon belum mendapatkan

pemberitahuan tentang sidang lanjutan untuk perkara PHP Kada yang sudah diajukan ke MK RI beberapa waktu lalu.
“Sampai saat ini, kami masih tunggu pemberitahuan dari MK RI. Kalau sudah

ada pemberitahuan maka kami siap untuk menghadiri sidang,” tegas Alex sapaan akrabnya.
Ditegaskan juga, pihaknya berharap agar perkara gugatan PHP Kada yang sudah diajukan ke MK RI bisa berlanjut sampai ada kepastian hukum agar masyarakat tidak bertanya-tanya. (gat/fmc/sam)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Jaringan Berita Terbesar

© 2016 TIMOREXPRESS.COM by FAJAR.co.id

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!