Timor Express

EKONOMI

Kopdit Swasti Sari Sukses Perbaiki Ekonomi Anggota

TOMMY AQUINODA/TIMEX

Bertekad Hadirkan Swasti Sari Mart

KUPANG, TIMEX – Selama 30 tahun berdiri, ada banyak hal positif yang sudah KSP Kopdit Swasti Sari. Yang paling utama adalah perbaikan serta peningkatan ekonomi anggota. Hal ini disampaikan General Manager (GM) Kopdit Swasti Sari, Yohanes Sason Helan saat diwawancara Timor Express usai kegiatan jalan santai dalam rangka HUT 30 Tahun, Kamis (9/8).
Menurut Sason Helan, sampai saat ini Kopdit Swasti Sari memang masih bergerak pada satu unit usaha yakni simpan pinjam. Meski belum merambah pada unit usaha lainnya, namun sasaran pemberian pinjaman adalah anggota-anggota yang menjalankan usaha-usaha produktif. Seperti usaha peternakan, perkebunan, pertokoan, dan lain sebagainya.
“Jadi kita sekarang memang masih membeli dan menjual uang. Tapi sasaran kita adalah anggota-anggota yang punya usaha produktif. Dampaknya sangat positif karena dari uang yang kita pinjamkan, mereka dapat mengembangkan usaha, mendapatkan penghasilan lebih, serta makin sejahtera,” jelas Sason Helan.
Dalam program kerja tahun 2018, Sason Helan menyebutkan, pihaknya sudah mencanangkan satu program besar yakni pembangunan Swasti Sari Mart. Keberadaan unit usaha baru ini memang dikehendaki banyak anggota sehingga semua kebutuhan pokok anggota bisa dipenuhi melalui wadah ini.
“Kita mau bersaing di sektor ini agar jangan hanya kapitalis-kapitalis yang masuk untuk memperkaya diri sendiri. Jadi kita tidak saja mencari keuntungan, tapi bisa membuat persaingan harga sehingga masyarakat khususnya anggota bisa terbantu,” katanya.
Untuk mewujudkan kehadiran Swasti Sari Mart, Sason Helan mengatakan, langkah pertama yang kini sedang dipikirkan adalah penyiapan lokasi yang strategis. Dan yang tidak kalah penting adalah persiapan biaya dan sumber daya manusia. “Swasti Sari Mart sesuai perencanannya bukan seperti kios, tapi hampir menyerupai Hypermart. Jadi butuh lokasi yang strategis dan luas,” sebutnya.

Gelar Beragam Kegiatan untuk Meriahkan HUT ke-30

Pada tahun ini, Kopdit Swasti Sari genap berusia 30 tahun. Untuk memeriahkan HUT ke-30, Kopdit Swasti Sari menggelar beberapa kegiatan sosial. Diantaranya, kegiatan donor darah pada tanggal 7 Juli 2018 lalu, dimana kegiatan sosial itu menghasilkan 90 kantong darah. Selanjutnya ada kegiatan pengobatan gratis di dua lokasi di Kabupaten Kupang yakni Baun dan Oemofa pada tanggal 28 Juli 2018. “Ada juga story telling, yakni kegiatan menceriterakan tentang Kopdit Swasti Sari. Pesertanya adalah pelajar SMP di Kota Kupang,” sebut Sason Helan.
Kamis (9/8), Kopdit Swasti Sari menyelenggarakan kegiatan jalan santai dengan melibatkan seluruh pengurus, pengawas, dan karyawan/ti serta ratusan anggota. Kegiatan itu juga diikuti oleh puluhan karyawan/ti dari berbagai koperasi di Kota Kupang, serta dimeriahkan drumband dari SMP Katolik Sta. Maria Assumpta dan SMP Katolik St.. Yoseph Naikoten. Jalan santai mengambil rute start di depan Kantor Gubernur NTT dan berakhir di Kantor Kopdit Swasti Sari Cabang Kupang. Dari titik start, peserta jalan santai dilepas oleh Asisten II Setda NTT, Alexander Ena mewakili Penjabat Gubernur NTT, Robert Simbolon.
Pantauan Timor Express, sesampainya di titik finish, peserta jalan santai berkesempatan mendapatkan ratusan hadiah menarik yang diundi oleh panitia. (tom)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!