Miliki 8 Depot, Stok BBM di NTT Aman – Timor Express

Timor Express

RAGAM

Miliki 8 Depot, Stok BBM di NTT Aman

TOMMY AQUINODA/TIMEX

Pertamina NTT Gelar Kegiatan CSR

KUPANG, TIMEX – Secara keseluruhan, stok dari semua jenis bahan bakar minyak (BBM) di NTT masih dalam posisi aman. Pasalnya, NTT punya delapan depot Pertamina yang tersebar di beberapa pulau besar dan tergolong paling banyak se-Indonesia.

“Sekarang stok BBM di NTT sudah dibilang aman. Kalau stok BBM di depot masih ada, pasti ketahanannya akan aman,” sebut Branch Manager Marketing PT Pertamina (Persero) NTT, Mardian di sela-sela kegiatan bakti sosial kesehatan bersama RS TNI AL Samuel J.Moeda Kupang, Jumat (10/8).

Mardian

                         Mardian

Mardian menjelaskan, ketersediaan stok BBM di daerah-daerah kepulaun seperti NTT, sangat tergantung pada kapal yang mengangkut BBM. Dengan demikian, jika kapal telat atau tidak mendapatkan izin berlayar karena faktor cuaca, maka stok BBM bisa jadi akan kosong.

Agar ketahanan stok BBM lebih aman dan survive, lanjut Mardian, pada akhir Juli lalu PT Pertamina melaksanakan groundbreaking proyek pembangunan pengembangan Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) di Maumere, Kabupaten Sikka.

“Sebelumnya, kapasitas TBBM Maumere hanya 20 ribu KL. Dengan proyek pengembangan tersebut, kapasitasnya menjadi 90 ribu KL. TBBM ini berperan sebagai point supply utama di wilayah NTT juga untuk Indonesia Bagian Timur,” katanya.

Menyinggung soal kelangkaan BBM yang sering terjadi di beberapa daerah seperti Sabu Raijua dan Rote Ndao, menurut Mardian, persoalannya bukan pada stok BBM. Tetapi, kapal pengangkut BBM ke daerah-daerah tersebut terkadang dilarang untuk berlayar karena tingginya gelombang. Sebagai solusi, Pertamina akan membangun SPBU satu harga, serta perlu memperbanyak tangki di daerah-daerah yang sering mengalami kelangkaan BBM.

“Nanti di Sabu mungkin kami resmikan SPBU satu harga dalam bulan ini. Di Rote nanti kami akan tambah SPBU sehingga ketika kapal dilarang berlayar, ketahanan stoknya masih aman. Solusinya seperti itu karena kita tidak bisa melawan alam,” terangnya.

•Pertamina Kupang Gelar Kegiatan CSR

Sebagai wujud tanggung jawab sosial kepada masyarakat serta dalam rangka menyambut HUT Kemerdekaan RI yang ke-73, Pertamina Kupang bekerja sama dengan RS TNI Angkatan Laut Samuel J. Moeda Kupang, Organisasi Persatuan Wanita Patra dan Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas Bumi (Hiswana Migas) NTT menjalankan kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR).

Hadir pada kesempatan itu, Penjabat Gubernur NTT Robert Simbolon, Komandan Pangkalan Utama TNI AL VII Brigjen TNI (Mar) Kasirun Situmorang, Komandan Korem 161 WS/Kupang Brigjen TNI Teguh Muji Santoso, Walikota Kupang, Jefri Riwu Kore, serta sejumlah anggota Forkopimda Provinsi NTT.

Adapun total dana yang dianggarkan untuk kegiatan CSR kali ini berjumlah Rp 671 juta. Dana tersebut dipakai untuk bakti sosial kesehatan kerja sama Pertamina dengan RS TNI Angkatan Laut Samuel J. Moeda Kupang sebesar Rp 271 juta. Pemberian bantuan pembangunan pasar perbatasan RI-RDTL senilai Rp 200 juta. Pemberian bantuan alat kesehatan oleh Organisasi Persatuan Wanita Patra kepada 14 posyandu di Kota Kupang senilai Rp 150 juta, serta pemberian bantuan alat tulis dan sembako 1.000 paket oleh Hiswana Migas senilai Rp 50 juta.

Bakti sosial yang digelar berupa pelayanan pengobatan umum bagi 1.000 warga, operasi katarak, operasi skala minor dan sedang, khitanan missal serta promosi kesehatan gigi dan pemberian sikat gigi plus pasta gigi bagi 400 anak dari delapan sekolah dasar di Kota Kupang.

“Pertamina sangat mengapresiasi sinergi kegiatan CSR bersama TNI. Tentu masyarakat Kota Kupang menjadi target utama kami untuk turut serta memanfaatkan momen pengobatan, bahkan operasi gratis ini. Ke depan kami akan kembali melaksanan kegiatan CSR lainnya yang dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat,” ungkap Branch Manager Marketing NTT, Mardian. (tom)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Jaringan Berita Terbesar

© 2016 TIMOREXPRESS.COM by FAJAR.co.id

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!