Pentas Seni untuk Asah Kemampuan Siswa – Timor Express

Timor Express

PENDIDIKAN

Pentas Seni untuk Asah Kemampuan Siswa

INTHO HERISON TIHU/ TIMEX.

KUPANG, TIMEX-Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-73 Kemerdekaan RI juga dilakukan di Sekolah Dasar Inpres Kelapa Lima I Kupang. Para siswa menggelar Pentas Seni dan Panggung Hiburan di halaman sekolah, Selasa (14/8).

Perlombaan antarsiswa ini sebagai upaya peningkatan proses pembelajaran karakter dan upaya mendorong siswa yang belum berkesempatan mengikuti lomba, agar selanjutnya dapat berpartisipasi.

Kepala sekolah SD Inpres Bertingkat Kelapa Lima I, Olyana Selfince Manafe mengatakan, kegiatan tersebut diselenggarakan dengan tujuan memeriahkan HUT Kemerdekaan RI, Hari Pramuka dan menjalankan kegiatan peningkatan karakter siswa.

Pentas Seni dan Panggung Gembira tahun 2018 ini tidak sekadar hura-hura, namun bisa memberikan hiburan kepada masyarakat. Juga mengasah kemampuan siswa agar dapat membina karakter, karena siswa di sekolah tersebut diyakini memiliki kemampuan luar biasa.

“Anak-anak zaman sekarang semakin hanyut dalam teknologi dan malas mengasah bakatnya, sehingga banyak hal sudah terlupakan termasuk budaya. Kami memiliki inovasi baru bagi siswa untuk menuangkan bakatnya pada panggung gembira, agar dapat mengajak teman-mannya untuk mengikuti,” papar Olyana.

Jumlah peserta serta animo orangtua untuk mendukung anaknya dalam mengikuti kegiatan tersebut setiap tahun mengalami peningkatan. Upaya membina karakter siswa ini juga mendapat dukungan dari berbagai stekeholder.

“Penyelenggaraan Pentas Seni dan Panggung Hiburan ini mendapat dukungan penuh dari orangtua siswa, mahasiswa PPL undana dan Peserta SM3T serta kerja keras dari rekan-rekan panitia untuk mengumpulkan dana. Kesuksesan ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi kami pihak sekolah,” kata Olyana.

Komite SD Inpres Kelapa Lima I yang diwakili sekertaris komite, Daniel Kedoh dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada seluruh panitia dan orangtua yang telah bekerja sama untuk menyukseskan kegiatan itu.
“Semua kegiatan yang berkaitan dengan pendidikan karakter anak didik, kami sebagai komite selalu memberikan suport,” ujar Daniel.

Pengawas SDI Wilayah Kelapa Lima, Yusuf Nubatonis saat membuka kegiatan tersebut mengungkapkan, kegiatan tersebut sebagai implementasi dari kurikulum 2013. Ditambahkan sekolah tersebut juga merupakan perintis penyelenggaraan kegiatan kurikulum 2013 dan ini merupakan kesuksesan dari kurikulum tersebut. Karena mampu mendidik karakter siswa menjadi lebih baik.

Dijelaskan, lima nilai utama yang perlu diterapkan dan akan meraih hasil yang sangat luar biasa untuk revolusi mental, yakni religius, nasionalisme, gotong royong, mandiri dan itegritas. Diharapkan kepada panitia, para guru dan lebih khusus kepada dewan juri agar bisa memberikan penilaian yang objektif.

“Kurikulm 2013 tidak bisa mendapatkan hasilnya sekarang, namun kegiatan ini akan dilihat hasilnya 10-20 tahun ke depan,” kata Yusuf Nubatonis yang adalah pengawas 9 SD di Kecamatan Kelapa Lima itu.

Yovita Lakteu, Ketua Panitia yang kepada Timor Express usai pembukaan kegiatan itu mengatakan, jumlah peserta yang berpartisipasi dalam lomba tersebut sebanyak 327 orang dalam 10 jenis lomba.

Lomba dibagi menjadi 2 sesi, yakni sesi pertama adalah Membaca Puisi, Hizji al Quran, menghafal pembukaan UUD 1945, solo, cerita rakyat, menggambar dan mewarnai, makan kerupuk.

Sementara sesi kedua, paduan suara, tarian dan fasion Show. Juri yang dilibatkan dalam proses penilaian sebanyak 8 orang yang dipilih dari para guru profesi SM3T. “Tahun ini kami serahkan jurinya kepada peserta SM3T agar lebih objektif,” katanya.

Dilanjutkan, kegiatan berlangsung selama 2 hari, yakni 14-15 Agustus 2018. Dana dalam kegiatan ini merupakan kerja keras panitia dan sumbangan orangtua siswa serta sumbangan para guru.(mg29/cel).

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Jaringan Berita Terbesar

© 2016 TIMOREXPRESS.COM by FAJAR.co.id

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!