Timor Express

PENDIDIKAN

Budaya Pelayanan di Undana Perlu Ditingkatkan

WISUDA.Rektor Undana, Prof.Fredrik L. Benu memindahkan toga wisudawan terbaik dalam acara wisuda Magister, Profesi dan Serjana Undana Kupang, di Aula Rektorat Lama Penfui, Sabtu, (1/9).

Intho: INTHO HERISON TIHU/TIMEX.

KUPANG, TIMEX-Memasuki usianya yang ke -56, Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang telah naik status satu tingkat menjadi Badan Layanan Umum (BLU). Keberhasilan ini belum dipahami banyak pihak.

Hal ini disampaikan Rektor Undana, Prof.Fredrik L. Benu dalam acara Dies Natalis Ke-56, Wisuda Magister, Profesi dan Serjana Undana Kupang, di Aula Rektorat Lama Penfui, Sabtu (1/9).

Di hadapan orangtua wisudawan, Fred mengatakan, sebagai lembaga publik yang berstatus BLU, Undana sebenarnya tidak sedang dihadapkan dengan beberapa persoalan teknis soal besaran remunerasi atau soal indikator kinerja.

Bukan pula sekadar soal berapa besar PNBP yang diperoleh dengan dinamika entrepreneurshipnya atau bukan pula soal semakin banyaknya jumlah mahasiswa Undana dengan segala dinamikanya. Walaupun semua isu yang disebutkan juga tidak dapat diabaikan.

“Tantangan terbesar yang sementara dihadapi Undana saat ini dengan status sebagai BLU sebenarnya, terletak pada bagaimana membangun suatu budaya organisasi. Kita membutuhkan waktu dan konsentrasi serta komitmen dari semua pemangku kepentingan, khususnya civitas akademika Undana untuk mengubah budaya pelayanan,” kata Fred.

Rektor Undana dua periode itu menambahkan, dipahami bahwa saat ini semua tenaga pendidik dan ketenaga kependidikan di Undana sementara sibuk-sibuknya mengisi semua portofolio yang diperlukan untuk memenuhi performance indicators masing-masing, sebagai persyaratan memperoleh remunerasi.

Tidak ada yang salah dengan kesibukan ini seiring dengan status sebagai BLU. Tapi sesungguhnya value yang harus dimiliki, baik tenaga pendidik maupun kependidikan adalah budaya pelayanan harus berubah.

Sumber pengontrolan kinerja layanan di Undana sesungguhnya bukan terletak pada Key Performance Indicator (KPI) yang dirujuk dalam portofolio dan berada di luar diri.

“Tapi the true value of public services is culture yang sesungguhnya bersifat intrensic inilah tantangan terbesar yang sementara kita hadapi saat ini,” papar Fred.

Remunerasi itu penting tapi sesungguhnya remunirasi hanya sebagai reward terhadap kinerja layanan yang memadai. Jangan malah dibalik bahwa pelayan yang bersifat public or student-centred services, baru dilakukan pada saat ada pemenuhan terhadap tuntutan remunerasi.

“Jika praktek ini yang sedang ada pada benak para pelayanan publik di Undana, maka ibarat kita sementara berada pada kabin pesawat jet untuk membawa Undana semakin melaju, tetapi perilaku layanan kita masih seperti orang yang sedang mendorong gerobak,” kata Fred lagi.

Dijelaskan, lembaga publik yang memiliki budaya pelayanan yang baik minimal harus memiliki sejumlah indikator nilai budaya antara lain, manajemen lembaga pelayanan publik seperti Undana harus memuat keputusan dalam semangat kepentingan publik.

Para pelayan publik tidak seharusnya menempatkan dirinya dalam kepentingan semata untuk memperoleh manfaat finansial atau kepentingan lainnya di luar organisasi yang nantinya akan mempengaruhi kinerja tugas pelayanan.

Dalam melaksanakan urusan pelayanan publik, termasuk perjanjian publik, kontrak kinerja. Para pelayan publik melaksanakan keputusan pelayanan dalam semangat akuntabelitas pada publik.

Pelayanan publik harus dilaksanakan dalam semangat keterbukaan berkaitan dengan seluruh keputusan dan tindakan yang diambil termasuk masukan dan kritik publik

“Para pelayan publik seharusnya melakukan promosi serta dukungan terhadap prinsip-prinsip ini melalui kepemimpinan dan keteladanan,” tambahnya.

Pada kesempatan tersebut, Undana mewisuda sedikitnya 858 orang mahasiswa yang telah lulus.(mg29/cel)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!