Moratorium Tambang dan TKI – Timor Express

Timor Express

NASIONAL

Moratorium Tambang dan TKI

RAKA DENNY/JAWAPOS

Viktor-Josef Minta Dukungan Rakyat

JAKARTA, TIMEX – Duet Viktor Bungtilu Laiskodat dan Josef Nae Soi sebagai nahkoda baru NTT bakal bergerak cepat menyikapi persoalan tambang dan tenaga kerja di NTT. Hal ini ditegaskan Viktor usai dilantik sebagai Gubernur NTT oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Rabu (5/9).

Kepada Timor Express di Jakarta, kemarin, Viktor menegaskan hal prioritas yang harus diselesaikan yakni melakukan moratorium tambang dan juga moratorium TKI. “Ini yang harus kita selesaikan dulu. Itu untuk program 100 hari kerja dan yang jelas bahwa saya akan bekerja selama lima tahun,” sebut Viktor.

Yang paling penting yakni menuntaskan semua kendala yang selama ini terjadi di Provinsi NTT. “Ngapain mikir yang 100 hari kerja. Kan saya kerja selama lima tahun. Untuk kekosongan jabatan kepala daerah seperti bupati dan wakil bupati tentunya akan kita sikapi juga dengan baik sehingga jangan sampai ada kekosongan jabatan,” kata Viktor.

Ia juga meminta dukungan dari seluruh masyarakat NTT agar pembangunan bisa berjalan dan masyarakat bisa mendapatkan manfaatnya. “Saya sangat mengharapkan dukungan baik dari seluruh masyarakat NTT khususnya dari DPRD Provinsi NTT,” tegas Viktor.

Sementara Wakil Gubernur NTT, Josef A. Nae Soi menjelaskan mereka akan menjalankan semua tugas dan tanggung jawabnya dengan baik untuk melayani masyarakat NTT. “Kami akan bekerja sama dan sama-sama bekerja untuk melayani masyarakat NTT dengan baik,” ujarnya.

Ia menambahkan, hal prioritas yang dilakukan adalah membenahi infastruktur, pariwisata dan kesehatan. Semuanya akan dilaksanakan dengan baik. “Yang paling prioritas penanganannya yakni jalan, air dan listrik, termasuk kesehatan. Ini yang harus segera dilakukan sehingga masyarakat bisa terlayani dengan baik,” jelas Josef.

Terpisah, Penjabat Gubernur NTT, Robert Simbolon kepada Timor Express di Gedung Kemendagri usai pelantikan Ketua Dekranasda Provinsi NTT, mengatakan sangat mendukung program gubernur dan wakil gubernur NTT yang baru. Ia mengatakan sejauh ini sudah banyak kemajuan di wilayah Provinsi NTT. Namun ia memberi pesan khusus kepada gubernur dan wakil gubernur yang baru untuk memperhatikan beberapa hal khusus, terutama beberapa bupati dan wakil bupatinya mundur karena mengikuti proses pencalonan anggota DPR. “Saya kira ini yang harus segera ditangani,” ujar Simbolon.

Menurutnya, usulan pemberhentian kepala daerah dan wakil kepala daerah di wilayah Provinsi NTT yang mengikuti pencalegan sudah dilakukan. “Kalau untuk pengisian jabatan kepala daerah dan wakil kepala daerah yang lowong itu yang harus dilakukan oleh gubernur dan wakil gubernur yang baru,” jelas Robert.

Sementara untuk program lainnya, terutama pelayanan kepada masyarakat, menurut Simbolon selama ini sudah berjalan dengan baik. Namun untuk visi-misi gubernur dan wakil gubernur yang baru, mesti dilakukan percepatan proses sehingga masyarakat bisa mendapatkan manfaatnya terutama proses penyerapan anggaran. Penyerapan anggaran harus dilakukan dengan baik. “Kalau bisa penyerapannya di atas 90 persen karena yang menerima manfaat dari tingginya penyerapan anggaran itu adalah masyarakat,” pungkas Robert Simbolon. (gat/fmc/sam)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Jaringan Berita Terbesar

© 2016 TIMOREXPRESS.COM by FAJAR.co.id

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!