Sekdes Harus Jadi Perencana Pembangunan – Timor Express

Timor Express

FLORES RAYA

Sekdes Harus Jadi Perencana Pembangunan

FANSI RUNGGAT/TIMEX

BORONG, TIMEX – Peran seorang sekretaris desa (Sekdes) sangat strategis. Sekretaris sebagai ujung tombak di desa.

“Salah satu perannya, harus jadi pembuat dan penyusun perencanaan pembangunan di desa,” kata Wakil Bupati Manggarai Timur (Matim), Agas Andreas saat membuka kegiatan rapat kerja sekdes dan sekretaris lurah se-Kabupaten Matim di aula kantor bupati Matim, Rabu (5/9).

Kata Agas, selain membantu kepala desa (Kades) dalam menyusun kebijakan dan koordinasi urusan pemerintahan desa, juga berperan dalam pengelolaan keuangan desa.

“Peranan sekdes itu diantaranya mampu membuat dan menyusun perencanaan pembangunan beserta anggarannya. Serta melaksanakan administrasi di desa dengan baik,” katanya.

Menurut Agas, sangat jelas dalam Undang-undang Nomor 6/2014 rentang Desa, di mana mengamanatkan kewenangan desa meliputi penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan. Sehingga sekdes dalam berbagai kesempatan harus bisa menerjemahkan kebijakan yang dibuat oleh kades.

Dikatakan, untuk mewujudkan suatu desa idaman, harus ada penguatan peran kades dan perangkat desa serta mekanisme pengawasan pemerintahan desa. Ia mengharapkan perangkat desa hendaknya mematuhi undang-undang tersebut, khususnya terkait dengan pengelolaan anggaran desa.

Dana desa yang ada harus dikelola secara benar sesuai peruntukannya. Memajukan sebuah desa, kades dan sekdes harus kompak dalam hal-hal yang berkaitan dengan kepentingan masyarakat dan pelayanan. Selain itu, desa juga memiliki kewenangan di bidang pemberdayaan masyarakat berdasarkan prakarsa masyarakat serta hak asal usul dan adat istiadat desa.

Agas mengatakan, dalam penyelenggaraan pemerintah daerah yang berazaskan semangat desentralisasi dan otonomi, pemerintah daerah selalu berupaya agar demokrasi, transparansi, kepemerintahan yang baik dan pelayanan prima untuk kesejahteran masyarakat.

“Selama ini memang masih kurang, namun kemajuan teknologi dan tuntutan pelayanan masyarakat semakin kompleks. Maka sumberdaya aparatur yang melakukan pelayanan semakin dituntut profesional untuk menjawab tuntutan pelayanan sesuai kebutuhan masyarakat,” bilang Agas.

Dikatakan, masih ditemui kelemahan di pemerintahan desa. Baik dalam hal perencanaan, pelaksanaan, maupun pertanggungjawaban keuangan desa. Sehingga peran sekretaris desa dalam melaksanakan manajemen pemerintahan desa harus dijalankan dengan baik dan benar. Tentu kepentinganya, desa maju dan rakyat sejahtera.

Sementara, anggota panitia, Yulius Tongkok Akha dalam laporan menjelaskan, rapat kerja sekdes/sekretaris lurah merupakan bagian dari upaya meningkatkan pelayanan pemerintah, khusus sekdes dan sekretaris lurah yang merupakan ujung tombak pelayanan publik di Matim.

“Harapan kita bersama, dari kegiatan ini peserta bisa memiliki pemahaman dan konsep yang sama tentang penyelenggaraan administrasi pemerintah dan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat,” jelas Yulius.

Hadir dalam kegiatan itu, para asisten Setda Matim, staf ahli bupati, pimpinan OPD, seluruh sekdes dan sekretaris lurah di Matim dan pemateri.

Materi yang disampaikan dalam kegiatan itu, yakni terkait arahan umum tentang kebijakan pembangunan Kabupaten Matim, kebijakan administrasi kependudukan, peran sekretaris desa/lurah dalam pengelolahan keuangan dan pengawasan terhadap pengelolaan keuangan desa. (krf3/ays)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Jaringan Berita Terbesar

© 2016 TIMOREXPRESS.COM by FAJAR.co.id

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!