Kopdit Swasti Sari Majukan Ekonomi Masyarakat Sarai – Timor Express

Timor Express

EKONOMI

Kopdit Swasti Sari Majukan Ekonomi Masyarakat Sarai

IST

Kantor Cabang Kopdit Swasti Sari Resmi Beroperasi

KUPANG, TIMEX – Kerinduan anggota KSP Kopdit Swasti Sari di Kabupaten Sabu Raijua (Sarai) selama enam tahun akan kehadiran kantor cabang, akhirnya terjawab. Kamis (1/11), Kantor Kopdit Swasti Sari Cabang Sarai mulai beroperasi, yang ditandai dengan peresmian kantor tersebut oleh Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Sarai, Nikodemus Rihi Heke.

Hadir pada kesempatan itu, Ketua DPRD Sabu Raijua, Paulus Rabe Tuka, Wakil Ketua DPRD Sarai, Herman Kaho, anggota DPRD Sarai, Bapa Lepton yang juga adalah sponsor dan corong masuknya Kopdit Swasti Sari, Kapolsek Sabu Barat Kompol Samuel Simbolon, tokoh masyarakat Sarai Julius Uly, Kepala BRI Sarai Jack Kale Lena, Kepala Bank NTT Cabang Sarai Romy Radja Langu serta ratusan anggota Kopdit Swasti Sari Cabang Sabu Raijua.

General Manager (GM) Kopdit Swasti Sari, Yohanes Sason Helan dalam sambutan, mengatakan, Swasti Sari hadir di Sarai untuk membawa perubahan ekonomi rumah tangga anggota dan masyarakat. Dari yang sudah ada menjadi lebih baik dan yang belum ada menjadi ada. Perubahan-perubahan ini bisa terjadi dimulai dari diri sendiri lewat kemauan dan kerja keras.

Menurutnya, baik pemerintah, DPRD, tokoh agama, tokoh masyarakat dan semua masyarakat Sarai tidak perlu kuatir dengan kehadiran Kopdit Swasti Sari. Sebab kopdit ini adalah koperasi kredit resmi yang sudah berumur 31 tahun dan sudah membuat banyak perubahan ekonomi para anggotanya.

Kopdit Swasti Sari, lanjut dia, sudah menjalankan lima sistem, yakni penerapan kepatuhan, kelembagaan, usaha permodalan dan pendapatan, penilaian kesehatan dan akuntan publik serta sistem penerapan sanksi manajemen. Semua sistem ini adalah amanah dari anggota selaku pemilik kopdit yang dituangkankan dalam keputusan Rapat Anggota Tahunan (RAT) setiap tahun. Dan semuanya harus dijalankan oleh pengurus, pengawas dan tim eksekutor manajemen yang dikomandani oleh seorang GM.

“Kopdit Swasti Sari sudah memiliki 18 kantor cabang, dua kantor cabang pembantu dan 29 kantor kas. 17 kantor cabang ada di kabupaten/kota di Provinsi NTT dan satu kantor cabang di Provinsi Bali,” sebut Sason Helan.

Tahun 2019, kata Sason Helan, Kopdit Swasti Sari akan membuka kantor-kantor cabang di kabupaten yang lain di Provinsi NTT. Juga ekspansi ke provinsi lain di Indonesia sehingga bias naik tingkat dari kopdit primer tingkat provinsi menjadi kopdit primer tingkat nasional.

“Produk simpanan kita lebih besar yakni tiga sampai empat digit dari harga pasar. Produk bunga pinjaman ada yang 0,5 persen, 0,9 persen, 1 persen tetap dan 1,6 persen menurun. Selain itu, uang kita beredar di tangan anggota untuk usaha produktif mencapai 500 miliar lebih. Jadi kita tidak mencari keuntungan tapi membuat perubahan dan anggota tersenyum,” jelasnya.

Sementara itu, Plt, Bupati Sarai Nikodemus Rihi Heke dalam sambutan, mengatakan, koperasi berbicara tentang orang kecil, berbicara tentang perubahan agar anggotanya sejahtera. Koperasi, kata Nikodemus, bisa berjalan apabila dalam pengelolaanya dilakukan secara baik, transparan, komponten, profesional dan dilandasi dengan kejujuran.

Menurut Nikodemus, banyak anggota yang tidak mengetahui arti dan pentingnya RAT dalam koperasi. Oleh karena itu, kehadiran Kopdit Swasti Sari akan membuat warga terutama anggota koperasi memahami tentang RAT.

“Kehadiran kopdit ini telah membantu geliat ekonomi di Sabu Raijua. Jadi kopdit ini harus berjalan sesuai dengan visi dan misi. Diharapkan semua anggota nantinya bisa memanfaatkan Kopdit Swasti Sari untuk hal-hal yang produktif,” kata Nikodemus.

Lebih lanjut, Ketua DPRD Sarai Paulus Rabe Tuka mengatakan, DPRD menyambut baik kehadiran Kopdit Swasti Sari di Sarai. Dia berharap, kopdit ini dapat bergandengan tangan dengan lembaga keuangan lainya untuk mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat Sarai.

Politisi PDI Perjuangan itu juga mengajak masyarakat Sarai yang belum bergabung agar menjadi anggota Kopdit Swasti Sari. Sebab kopdit ini merupakan kopdit yang sehat dan bukan kopdit abal-abal. “Warga tidak boleh ragu-ragu menjadi anggota, menyimpan dan meminjam uang di Kopdit Swasti Sari karena saya tahu kopdit ini di Kota Kupang sejak belasan tahun lalu. Banyak keluarga saya dan masyarakat Sarai di Kota Kupang yang jadi anggota Kopdit Swasti Sari. Berkat pinjaman yang diberikan Kopdit Swasti Sari, usaha-usaha produktif mereka berjalan dengan baik,” ungkapnya. (tom)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Jaringan Berita Terbesar

© 2016 TIMOREXPRESS.COM by FAJAR.co.id

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!