Sebuah Keluarga Harus Direncanakan Secara Matang – Timor Express

Timor Express

SUROSA

Sebuah Keluarga Harus Direncanakan Secara Matang

EDY BEREN/TIMEX

TAMBOLAKA, TIMEX – Membentuk sebuah keluarga, harus didasarkan atas perencanaan yang matang. Keluarga tidak dibentuk oleh keterpaksaan atau kecelakaan, tetapi oleh perencanaan yang mencakup berbagai aspek antara lain ekonomi, pendidikan anak, jumlah anak dan lain-lain.

Hal ini disampaikan anggota Komsisi IX DPR RI, Yulianus Pote Leba dalam kegiatan sosialisasi pembangunan keluarga bersama mitra kerja tahun 2018 kepada siswa SMK Pancasila, Senin (5/11).

Kegiatan yang diselenggarakan Komisi IX DPR RI bersama mitra kerjanya yaitu BKKBN, diselenggarakan di aula SMK Pancasila Kota Tambolaka. Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi NTT, Marianus Mau Kuru, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten SBD, Daud Umbu Moto, para guru dan siswa sebanyak 50 orang.

Anggota Komisi IX DPR RI, Yulianus Pote Leba mengatakan, dirinya secara sengaja mengarahkan kegiatan sosialisasi pembangunan keluarga kepada anak-anak sekolah menengah karena anak remaja yang saat ini berada di sekolah-sekolah menengah adalah calon-calon pembentuk keluarga masa depan. Karena itu, kepada mereka harus diberikan pengetahuan dan pemahaman yang memadai mengenai hakekat sebuah keluarga yang sejahtera dan terencana.

“Sebagai anggota Komisi IX DPR RI yang bermitra salah satunya dengan BKKBN, saya senang mengarahkan kegiatan sosialisasi pembangunan keluarga kepada sekolah-sekolah karena saya tau bahwa di sekolah terdapat banyak remaja yang akan membentuk keluarga masa depan. Oleh karena itu harus disiapkan dengan diberi pengetahuan tentang perencanaan keluarga. Berbahagialah Anda karena program ini sampai di sini. Sebab dengannya adik-adik mendapatkan pengetahuan tentang keluarga sejahtera,” katanya.

Ia mengatakan, bicara tentang kesejahteraan keluarga berkaitan erat dengan kecukupan kebutuhan pokok baik pangan, sandang, papan, kesehatan, pendidikan anak dan lain-lain. Sebuah keluarga tidak dilarang memiliki anak banyak, tetapi harus diimbangi dengan kemampuan untuk menjamin kehidupan mereka.

“Kota tidak dilarang punya anak banyak. Tapi kita harus mampu menyediakan segala sesuatu yang mereka butuhkan untuk hidup layak. Untuk itu kita perlu merencanakannya,” katanya.

Senada dengan itu, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi NTT, Marianus Mau Kuru mengatakan, Keluarga Berencana (KB) adalah keluarga yang memiliki rencana. Keluarga yang direncanakan dalam semua aspek kehidupan, termasuk ekonomi, pendidikan, punya anak berapa dan seterusnya. Keluarga berencana tidak sama dengan kontrasepsi.

“Keluarga Berencana itu tidak sama dengan kontrasepsi. Kadang orang kalau dengar tentang KB pasti pemikirannya pasti kontrasepsi. Kontrasepsi itu adalah sarana pendukung agar rencana keluarga dapat terwujud,” katanya.

Dirinya menjelaskan, generasi berencana/Genre adalah generasi yang telah memiliki perencanaan yang matang tentang kehidupan dan masa depannya.  Diantaranya apa yang mau dibuat, mau menjadi apa, sekolah sampai tingkat apa, kapan menikah, akan punya anak berapa, akan bekerja sebagai apa dan lain-lain.

Genre dapat menjadi tulang punggung yang kokoh dan masa depan bagi bangsa dan negara. Ketika seorang remaja mengucapkan salam Genre, maka dia berjanji untuk tidak melakukan seks pra nikah, nikah dini dan tidak boleh narkoba.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten SBD, Daud Umbu Moto mengatakan, remaja memiliki peranan penting dalam perjalanan kehidupan karena remaja merupakan generasi penerus kehidupan berbangsa dan  bernegara. Remaja yang memiliki pola hidup yang baik dan berkualitas, maka masa depan sebuah bangsa akan baik dan berkualitas pula. Remaja merupakan fondasi kehidupan berbangsa dan bernegara. Fondasi yang baik harus dari bahan yang berkualitas. Bahan untuk fondasi kehidupan berbangsa tersebut adalah pengetahuan, kecerdasan, kesehatan dan lain-lain. (mg23/ays)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Jaringan Berita Terbesar

© 2016 TIMOREXPRESS.COM by FAJAR.co.id

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!