SMKN 3-Sotis Edukasi Siswa Tentang Perhotelan – Timor Express

Timor Express

PENDIDIKAN

SMKN 3-Sotis Edukasi Siswa Tentang Perhotelan

INTHO HERISON TIHU/TIMEX

KUPANG, TIMEX-Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 3 Kota Kupang menggandeng Hotel Sotis Kupang untuk memberikan edukasi peningkatan pengetahuan siswa jurusan Tata Boga tentang industri perhotelan.

Kegiatan tersebut terselenggara melalui program Hotel Sotis Gues to School di Aula SMKN 3 Kota Kupang, Selasa (6/11). Humas SMKN 3 Kota Kupang, Hafna kepada Timor Express di sela-sela kegiatan itu menjelaskan, kegiatan tersebut merupakan program Gues to School Hotel Sotis Kupang untuk menyembanggi dan memberikan edukasi kepada para siswa jurusan Tata Boga.

Dikatakan, kegiatan ini juga merupakan tindak lanjut dari kerja sama antara Hotel Sotis dan SMKN 3 Kota Kupang yang selama ini terjalin.
“Hotel sotis tidak hanya menunggu dan menerima siswa magang. Namun juga memberikan pembelajaran atau edukasi kepada siswa tentang ilmu perhotelan. Intinya, kami pihak sekolah menyambut baik niat dan tujuan yang mulia yang dilakukan oleh pihak Hotel Sotis untuk berbagi ilmu tentang kuliner, serta pelayanan makanan dan minuman di sebuah hotel,” ujar Hafna.

Lanjut Hafna, peran industri sangat penting agar bisa berbagi ilmu. Karena ilmu yang diterapkan para guru di ruang kelas sering kali tidak sesuai kebutuhan hotel. Sehingga, melalui kegiatan ini pihaknya memfasilitasi dan mempersiapkan fasilitas guna penyelengaraan kegiatan tersebut.

Selain Hotel Sotis, kegiatan serupa sering dilakukan hotel lain di Kota Kupang yang sudah disepakati melalui MoU. Dengan kegiatan, bisa memberikan pemahaman, siswa sekaligus menikmati suasana pembelajaran baru serta meningkatkan pengalaman siswa sebelum praktek di hotel.

“Para siswa yang mengikuti kegiatan tersebut merupakan siswa kelas X dan XI, Jurusan Tata Boga saja. Karena kelas XII sementara praktek di industri saat ini,” kata Hafna.

Sementara Sari Sadu, General Meneger Hotel Sotis Kupang mengawali kegiatan tersebut dengan memperkenalkan visi dan misi Hotel Sotis serta fasilitas pendukung lainnya untuk bisa dinikmati pengunjung.

Kegiatan tersebut merupakan upaya pendekatan dan memberikan edukasi serta berbagi pengalaman tentang proses pekerjaan di hotel. Karena selama ini ada kerja sama dengan sekolah untuk para siswa melakukan praktek di Hotel Sotis Kupang.

“Ini merupakan program dari Human Resource Development (HRD) Manager untuk sembangi sekolah. Melakukan edukasi kepada siswa tentang tugas seorang karyawan di hotel. Namun kali ini kita berbagi soal penyediaan kuliner,” ungkap Sari.

Ditambahkan, ke depan akan dikembangkan program tersebut dengan memberikan training housekeeping dan front office. Karena para siswa merupakan calon-calon yang akan dipekerjakan di setiap hotel di seluruh NTT.

Sari mengungkapkan, siswa yang dititipkan di Hotel Sotis untuk menjalankan praktek, tidak hanya berasal dari SMKN 3. Pihaknya menerima dari semua SMK yang memiliki jurusan Tata Boga dan menurut penilaiannya, siswa SMKN 3 semuanya memiliki niat untuk belajar.

“Sebelum diterima untuk praktek, kami seleksi melalui interview untuk mencari siswa yang betul-betul ingin belajar. Yang tidak bisa menuruti ritme kerja, kami akan pulangkan. Namun sejauh ini tidak ada yang kami pulangkan, karena siswa SMKN 3 semuanya penurut dan ingin belajar,” papar Sari.

Direncanakan, kegiatan ini akan dilakukan di seluruh SMK. Ini merupakan kegiatan perdana, sehingga membutuhkan waktu dan pendekatan kepada sekolah di Kota Kupang. “Kami akan melakukan pendekatan dengan sekolah yang dekat, karena sekolah yang kami kerja sama selama ini, bukan saja dari Kota Kupang, namun juga dari SMK di berbagai daerah,” imbuh sari.

Kegiatan tersebut berupa demo masak masakan special yang ada di Hotel Sotis. Misalnya Salmon Steak Lemon Butter Sauce dan American Chocholate oleh Cheff Ferdinan dan Dina.

Siswa yang hadir pun antusias menyaksikan demo yang dilakukan. Mereka bahkan diberikan waktu untuk praktek masak masakan yang telah didemo.(mg29/cel)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Jaringan Berita Terbesar

© 2016 TIMOREXPRESS.COM by FAJAR.co.id

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!