Bawaslu Minta KPU Tunda Pleno – Timor Express

Timor Express

SUKSESI

Bawaslu Minta KPU Tunda Pleno

Rekap DPTHP di Tiga Kabupaten

KUPANG, TIMEX-Masalah daftar pemilih tetap (DPT) untuk pemilu serentak nasional 2019 belum juga tuntas. Setelah penetapan DPT, Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah melakukan perbaikan DPT hingga dua kali.

Jemris Fointuna

Jemris Fointuna

Bahkan dalam rapat pleno rekapitulasi DPT hasil perbaikan kedua, Selasa (13/11), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) merekomendasikan kepada KPU untuk menunda pleno di tigak bupaten.

“Bawaslu Kab.Manggarai, TTS dan TTU merekomendaskan menunda pleno rekapitulasi DPTHP 2 karena proses input data pemilih ke Sidalih belum selesai dilaksanakan operator KPU,” kata Anggota Bawaslu NTT, Jemris Fointuna kepada Timor Express, Selasa (13/11).

Menurut Jemris, KPU TTS diminta untuk menunda pleno selama tiga hari. Sementara KPU TTU diminta untuk menunda pleno sampai se,ua data pemilih di 15 kecamatan tersisa di-upload ke dalam Sidalih. Sementara untuk Kabupaten Manggarai, Bawaslu meminta pleno ditunda hingga Rabu (14/11) pukul 16:00 WITA dengan alasan terjadi selisih data Sidalih dan rekapitulasi manual, terutama data pemilih baru.

Selain tiga kabupaten tersebut, Jemris sebutkan, Kabupaten Rote Ndao, Flores Timur dan Ngada masih menggelar pleno dan belum selesai hingga pukul 22:22 malam tadi.

Maryanti Luturmas Adoe

Maryanti Luturmas Adoe

Sementara itu, Ketua KPU NTT, Maryanti Luturmas-Adoe yang dikonfirmasi koran ini mengakui adanya keterlambatan tersebut. Keterlambatan tersebut menurut Tanti karena suplai data dari PPK yang terlambat.

Untuk Manggarai, kata Tanti, Bawaslu ingin melakukan pengecekan ulang apakah data yang direkomendasikan untuk dikeluarkan dan dimasukkan sudah dilakukan oleh KPU Manggarai.

“Untuk TTS kendala supplai data dari PPK lambat dan harus diedit. TTS baru 5 kecamatan yang selesai diinput ke Sidalih. Sama dengan TTU. Kabupaten TTU baru 9 kecamatan yang diupload ke Sidalih,” jelas Tanti.

Menurutnya, KPU dan Bawaslu telah bersepakat untuk menggunakan Sidalih, sehingga data yang diplenokan harus sudah clear di Sidalih. “Kita upayakan malam ini selesai. Besak lanjut pleno,” imbuhnya.(cel)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!