Timor Express

PENDIDIKAN

PNK Gelar Seminar Nasional Tentang Big Data

POSE.Nuning Kurniasih, Ketua Jurusan Teknik Elektro PNK, Jemsrado Sine serta panitia penyelenggara dan peserta pose bersama usai seminar di Auditorium PNK, Selasa (13/11)

INTHO HERISON TIHU/TIMEX

Hadapi Era Revolus Industri

KUPANG, TIMEX-Politeknik Negeri Kupang (PNK), Jurusan Teknik Elektro kembali menggelar Seminar Nasional dengan mengusung tema “Trend Big Data Untuk Optimalisasi Layanan Informasi di Era Revolusi Industri 4.0” Seminar digelar di Auditorium PNK, Selasa (13/11) dengan menghadirkan dua narasumber, yakni Nuning Kurniasih dari Universitas Padjadjaran Bandung dan Kepala Dinas Infokom Provinsi NTT, Abraham Maulaka yang dipandu dimoderatori, Folkes Laumal, Dosen Teknik Elektro.

Ketua Jurusan Teknik Elektro, Jemsrado Sine mengatakan, peranan data sangat penting, terutama memasuki era ledakan data atau Big Data. Oleh karenanya, pihak yang mampu mengola dan memanfaatkan data-data yang sangat besar, cepat, variatif, dan kompleks, dapat mengambil keuntungan yang besar.

Dikatakan, istilah dan penerapan Big Data masih belum begitu populer, khususnya di lembaga pemerintahan maupun di masyarakat. Seminar ini dimaksudkan untuk melihat sejauh mana teknologi Big Data sudah dimanfaatkan di beberapa lembaga akademik, termasuk pemerintahan, dan tantangan apa saja yang muncul dalam penerapannya.

“Kita mulai dari lingkungan kampus untuk mengenal apa itu Big Data. Secara institusi PNK memiliki data base juga. Namun belum dikelola dengan baik, sehingga ke depan kami akan mengelolanya dengan baik agar bisa diakses mahasiswa,” kata Jemsrado.

Hasil seminar ini dapat memberikan informasi dan inspirasi, sehingga implementasi teknologi Big Data di Indonesia dapat semakin luas, khususnya di lembaga pemerintahan. Untuk itu, kegiatan ini melibatkan kerja sama dengan Dinas Kominfo sebagai lembaga pemerintah daerah, pioner dalam pengembangan Big Data di NTT.

Selain itu, Seminar mengenai penerapan Big Data diharapkan sejalan dengan tantangan Revolusi Industri 4.0 yang kini dihadapi misalnya. Kegiatan ini dapat mendukung dan mendorong pertumbuhan ekonomi dan daya saing bangsa di era Revolusi Industri 4.0.

“Kami terus mendorong mahasiswa untuk menggunakan sosial media secara positif untuk menjawab tantangan era revolusi industi. Ke depan semua aktifitas hanya di kontrol melalui internet dan menghindari konten-konten hoax dan lainnya,” papar Jemsrado.

Nuning Kurniasih dalam materinya mengatakan, Big Data merupakan data base dengan penyimpanan data yang sangat banyak dan luas. Dengan mengakses data yang sangat cepat dan tersedia ini tidak luput dari perkembangan teknologi untuk mengumpulkan data pada saat ini. Namun data yang diakses harus terverifikasi dan harus mengetahui kredibilitas dari informasi atau berita tersebut agar tidak salah dalam penerapannya.

Lanjutnya, data base untuk pengelolaan konfensional semuanya sama. Namun juga memiliki shoftware yang berbeda, dan juga memiliki aplikasi yang sangat banyak. Sehingga bisa memilih informasi yang telah disimpan dalam Big Data.

Menghadapi era digital, semua data yang ingin diakses bahkan semua aktifitas akan dialihkan melalui internet. Karena semua data sudah tersimpan. Sehingga kepada mahasiswa yang merupakan penerus, dapat menggunakan revolusi industri 4.0 dengan positif.

“Terkait peyimpanan data pada Big Data, bukan saja dari perusahaan atau instansi pemerintahan maupun swasta, namun dengan tidak sadar kita yang pengguna smartphone juga seringkali melakukan penyimpanan atau masukan data ke Big Data,” kata Nuning.

Bagi mahasiswa yang ingin menerapkan trend Big Data ini di kampus untuk dikembangkan di dunia kampus guna menghadapi era digital. Semuanya bersifat konfensional karena aplikasi yang digunakan akan melakukan analisa lalu menyajikan beberapa sumber terkait dengan Big Data yang dicari.

“Big data yang disediakan pada setiap aplikasi terkait dengan sistem informasi yang tersimpan dalam data base, semuanya bersifat umum. Bisa diakses oleh siapa saja dan di mana saja,” tutup Nuning.(mg29/cel)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!