Timor Express

PENDIDIKAN

220 Calon Wisudawan Dicebur ke Kolam

DICEBURKAN.Prosesi penceburan calon wisudawan jurusan Teknik Sipil, Politeknik Negeri Kupang di Kolam Pemancingan Baumata kabupaten Kupang, Kamis (15/11).

INTHO HERISON TIHU/TIMEX

KUPANG, TIMEX-Politeknik Negeri Kupang (PNK), Jurusan Teknik Sipil menggelar yudisium dan pelepasan 220 calon wisudawan dengan menceburkan mereka satu persatu ke dalam kolam.

Tradisi yang dilakukan kepada calon wisudawan jurusan teknik sipil setiap tahun tersebut dilakukan di Kolam pemancingan Baumata Kabupaten Kupang, Kamis (15/11).

Calon Wisudawan berasal dari 4 program studi (Prodi), yakni D IV Prodi Teknik Perancangan Irigasi Penanganan Pantai (TPIPP), D IV Prodi Teknik Perancangan Penanganan Jalan dan Jembatan (TPPJJ), D III Prodi Bangunan Gedung dan D III Prodi Bangunan Air.

Sebelum menyeburkan para calon wisudawan, digelar penyamatan selendang kepada 3 calon wisudawan dengan Indeks Prestasi Komulatif (IPK) tertinggi oleh Pembantu Direktur I PNK, Ir. Alosius Leki, MT.

Ketiga lulusan dengan IPK tertinggi di masing-masing prodi tersebut, yakni Melati Rate Lembang, dengan IPK 3,60, Noya Plaituka, IPK 3,68 dan Naftali Sula, IPK 3,53.

Tradisi menceburkan itu sebagai bentuk pelepasan status sebagai seorang mahasiswa untuk kemudian berkecimpung di dunia kerja. Ketua jurusan dalam kegiatan tersebut membacakan nama mahasiswa dan kepada mahasiswa yang dipanggil namanya langsung berjabatan tangan sebagai bentuk terima kasih kepada dosen dan petugas karena sudah membantu menyelesaikan tugas dengan baik.

Alosius Leki di sela-sela kegiatan tersebut kepada Timor Express mengatakan, kegiatan itu sudah menjadi tradisi dan dinilai memiliki keunikan khusus sejak jurusan tekni didirikan.

Ini prosesi pelepasan terhadap mahasiswa yang selama ini sudah mengikuti proses pendidikan selama 3 tahun dan 4 tahun. “Melalui kegiatan ini juga jurusan melepaskan mahasiswanya kepada pihak lembaga untuk disertakan dalam wisuda yang rencananya diselenggarakan pada 22 November 2018 mendatang,” kata Alosius.

Terhadap proses yudisium tersebut tidak hanya dilakukan oleh Jurusan Teknik namun juga diselenggarakan oleh jurusan lain yang ada di PNK.
Total keseluruhan wisudawan yang telah diterima pihak lembaga sampai Rabu (14/11) sore sebanyak 975 calon wisudawan.

“Kepada calon wisudawan yang telah dilepas, diharapkan agar dengan fondasi ilmu yang sudah diberikan selama ini, bisa diterapkan pada lingkungan masyarakat dan mampu bersaing di dunia kerja,” papar Alosius.

Noya Plaituka, calon wisudawan dengan IPK tertinggi, mengucapkan terimah kasih kepada seluruh pihak yang telah menyelengarakan kegiatan ini karena kegiatan ini merupakan penghormatan bagi seluruh civitas akademika.

Tidak lupa ia juga menyampaikan terimah kasih kepada orangtua yang telah berjuang untuk kesuksesan para mahasiswa. “Kepada seluruh rekan-rekan seperjuangan yang setelah lulus ini tetap menunjukan kemampuan untuk bersaing dengan lulusan perguruan tinggi lain. Karena untuk mencapai sebuah kesuksesan, tidak dilihat dari berapa nilai yang tertera pada lembaran ijasah, atau pun seberapa megahnya gedung kampus. Tetapi kesuksesan akan ditentukan oleh seberapa jauh usaha dari kita para lulusan,” imbuh Noya.(mg29/cel)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!