Cegah Mobilisasi Pemilih, Batasi Surat Suara – Timor Express

Timor Express

SUKSESI

Cegah Mobilisasi Pemilih, Batasi Surat Suara

Mekanisme Pindah Bakal Lebih Ketat

JAKARTA, TIMEX–Sistem pindah memilih yang berlaku pada Pemilu 2019 ditujukan untuk mencegah kecurangan. Selain karena berbasis data kependudukan, KPU memberlakukan pembatasan surat suara bagi pemilih yang menggunakan hak pilihnya di luar daerah domisili.

Pada pemilu kali ini, tidak setiap orang bisa mengajukan pindah memilih. Mereka yang hendak pindah memilih harus lebih dahulu tercatat di DPT sebelum mengurus kepindahannya. KPU daerah tujuan akan mengeluarkan formulir A5 bagi yang bersangkutan. “Setelah yang bersangkutan dipastikan pindah, data pemilih di tempat asalnya akan dihapus,” terang Komisioner KPU Viryan Azis.

Pada saat bersamaan, setiap calon wakil rakyat hanya bisa dipilih oleh para pemilih yang berdomisili di dapilnya. “Misalnya, ada orang nyaleg di dapil A, kemudian dia mengajak masyarakat (dapil) B untuk pindah, itu sudah dibatasi di ketentuan pindah memilih,” lanjutnya.

Pemilih yang pindah ke dapil berbeda tidak akan mendapatkan surat suara untuk caleg di dapil tujuan. Karena itu, modus mobilisasi pemilih dari luar dapil tidak akan berguna. Petugas KPPS (kelompok penyelenggara pemungutan suara) pasti akan mengecek formulir A5 yang dia bawa. Bila berasal dari dapil berbeda, dia tidak akan bisa mendapatkan surat suara untuk pemilih dapil tujuan.

Sebagai gambaran, caleg DPR dapil Jatim I tidak akan bisa memobilisasi pemilih dari dapil Jatim II. Bila tetap nekat, keberadaan pemilih hasil mobilisasi itu juga tidak akan berpengaruh bagi perolehan suaranya. Sebab, pemilih Jatim II yang pindah memilih ke Jatim I hanya akan mendapatkan dua surat suara. Yakni, surat suara pilpres dan calon anggota DPD.

Sistem itu berbeda dengan 2014 yang masih dimungkinkan untuk pindah memilih antardapil dalam perhelatan pemilu legislatif. Kala itu, pemilih yang pindah itu masih bisa memilih caleg di luar dapil domisilinya. Alhasil, tudingan mobilisasi pemilih pada pihak tertentu pun bermunculan di sejumlah daerah. KPU meyakinkan tudingan serupa tidak akan terjadi pada pemilu kali ini.(byu/c5/sof/jpg/cel)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!