Timor Express

EKONOMI BISNIS

Wapres Bawa Misi Redam Perang Dagang

Jusuf Kalla

RAKA DENNY/JAWA POS

JAKARTA, TIMEX – Wakil Presiden Jusuf Kalla akan menghadiri G20 Leaders Summit di Argentina. Dijadwalkan, besok, Rabu (28/11), rombongan yang dipimpin JK berangkat mengikuti pertemuan yang beranggotakan 20 negara dengan ekonomi terbesar di dunia itu. Pertemuan akan berlangsung dari 30 November hingga 1 Desember di Buenos Aires, Argentina.

JK menuturkan, setidaknya ada dua tema utama yang akan dibahas dalam pertemuan tahunan tersebut. Salah satunya yang dibahas adalah, perang dagang antara antara Amerika Serikat dan Tiongkok. Khususnya, agar perang dagang itu tak sampai terus meluas.

”Nanti yang paling banyak dibicarakan ialah bagaimana meredam kemungkinan terjadinya perang dagang antara AS dan Tionkok,” ujar JK di kantor Wakil Presiden, Selasa (27/11). Hal itu perlu segera diselesaikan karena perang dagang bisa berimbas pada negara lain. Termasuk Indonesia.

”Karena yang namanya globalisasi kalau ada yang kena, pasti akan melebar. Ini masalah lebih mendalam dan sangat berbahaya apabila tidak segera diredam,” ungkap pejabat berlatar belakang pengusaha itu.

Selain itu, G20 Leaders Summit juga akan mengulas tentang kondisi perekonomian dunia atau secara global. Khsusnya mengantisipasi agar ekonomi dunia tidak sampai turun. ”Bagaimana adanya gejala-gejala ekonomi dunia ini bisa menurun, bisa resesi,” imbuh JK.

Di sela-sela pertemuan tersebut, JK juga diagendakan menggelar pertemuan dengan pemimpin dari negara lain. Agenda pertemuan bilateral itu masih belum bisa diungkapkan lebih detail.

”Sudah ada yang minta kepada saya. Ada tiga negara (meminta bertemu) dengan Indonesia. Kita juga minta beberapa kepala negara untuk bertemu,” imbuh dia.

G20 adalah forum pemimpin dunia yang menguasai sebagian besar ekonomi dunia. Anggotanya adalah 19 negara ditambah dengan Uni Eropa. Sebanyak 19 negara itu adalah Argentina, Australia, Brazil, China, Jerman, Prancis, India, Indonesia, Italia, Jepang, Meksiko, Rusia, Arab Saudi, Afrika Selatan, Korea Selatan, Turki, Inggris, dan Amerika Serikat.

(jun/JPC/tom)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!