Timor Express

NASIONAL

Minta Program Seratus Hari Kerja

KSAD. Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto (tengah) bersalam komando dengan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) yang baru Jenderal TNI Andika Perkasa (kiri) dan KSAD lama Jenderal TNI Mulyono (kanan), Kamis (29/11) pagi.

MUHAMAD ALI/JAWAPOS

Panglima Ingatkan Pentingnya Netralitas TNI dalam Pemilu Tahun Depan

JAKARTA, TIMEX – Jenderal TNI Andika Perkasa secara resmi menduduki posisi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) mulai Kamis (29/11). Bersamaan dengan itu, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto meminta agar Andika segera menyusun dan merealisasikan program seratus hari kerja. Orang nomor satu di institusi militer tanah air tersebut juga mengingatkan lagi supaya matra darat di bawah komando Andika bersikap netral dalam pemilu tahun depan.

Hadi menyampaikan perintah tersebut usai memimpin serah terima jabatan KSAD kemarin. Menurut dia, penyusunan program seratus hari kerja adalah bagian upaya mempercepat realisasi sebelas program prioritas yang sudah disusun oleh Mabes TNI. “Jabarkan rencana dan program pembangunan TNI AD yang diselarskan dengan sebelas program prioritas dari Mabes TNI,” ungkap dia.

Mantan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) itu yakin betul, Andika mampu melaksanakan tugasnya dengan baik. Dia juga percaya, jenderal bintang empat TNI AD lulusan Akademi Militer (Akmil) 1987 itu bisa melanjutkan kiprah Jenderal TNI Mulyono. Pengalaman yang diperoleh Andika selama menduduki beberapa posisi penting di tubuh TNI AD menjadi modal utama. “Untuk membawa Angkatan Darat yang profesional dan solid,” imbuhnya.

Sebelum dipilih Presiden Joko Widodo menjadi KSAD, Andika merupakan panglima Komando Cadangan Strategi Angkatan Darat (Kostrad). Selain itu, dia juga pernah bertugas sebagai komandan Komando Pembinaan, Doktrin, Pendidikan, dan Latihan Angkatan Darat (Kodiklatad). “Jenderal Andika tentunya akan segera mengonsolidasi secara internal (TNI AD),” ungkap Hadi.

Itu penting lantaran Andika harus cepat beradaptasi dengan lingkungan kerja baru. Sehingga perintah Hadi berkaitan dengan program prioritas lebih cepat terlaksana. “Utamanya melanjutkan program kerja di tahun 2018,” ucap Hadi. Lebih lanjut, dia juga menyebutkan bahwa 2019 merupakan tahun krusial. “Dalam konteks kepemimpinan nasional, maupun dalam rencana program pembangunan. Khususnya TNI AD,” tambahnya.

Tahun depan, kata Hadi, TNI bakal masuk tahap pembangunan rencana strategis 2020–2024. Dia berharap banyak, penyusunan renstra tersebut dilaksanakan sebaik mungkin. Termasuk di antaranya renstra untuk TNI AD. “Disusun secara komprehensif dengan memerhatikan program prioritas panglima TNI. Khususnya tentang pembangunan TNI AD,” kata dia menjelaskan.

Lebih lanjut, Hadi menyampaikan bahwa tahun depan juga dilaksanakan pemilu. Dia menekankan agar seluruh prajurit TNI netral. Baik TNI AD, TNI AL, maupun TNI AU. Mereka juga tidak boleh memihak pada salah satu kontestan pemilu. “Agar pesta demokrasi dapat berjalan dengan jujur, adil, dan berkualitas,” terang dia. Pesan tersebut disampaikan panglima TNI dengan tegas.

Berkaitan dengan konsolidasi internal TNI AD, Hadi juga mengingatkan agar Andika cepat melaksanakannya. Bukan cuma dengan semua pimpinan yang bernaung di bawah matra darat, melainkan juga dengan purnawirawan dan senior-seniornya. “Baik secara struktural maupun kultural,” tutur pria yang pernah bertugas sebagai kepala Dinas Penerangan Angkatan Udara (Dispenau) itu.

Maklum, Andika melompati tiga angkatan Akmil di atasnya. Namun demikian, Hadi menjelaskan, perubahan pimpinan dalam struktur TNI adalah hal biasa. Tidak terkecuali pergantian puncuk pimpinan TNI AD. Jenderal TNI Mulyono yang akan masuk masa pensiun awal tahun depan harus digantikan oleh pejabat baru. “Pertahankan dan tingkatkan soliditas TNI. Serta pupuk terus semangat sinergi demi pengabdian yang terbaik untuk negeri,” pesannya. (syn//jpg/sam)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!