Timor Express

SPORTIVO

115 Peserta Ikut Pelatihan Pelatih Tingkat Dasar

BUKA PELATIHAN. Kadispora Sumba Timur, Frangky Ranggabani didampingi Ketua Panitia, Ferdy Amatae, serta para narasumber saat membuka Pelatihan pelatih Tingkat Dasar Pencak Silat di Aula Hotel Evlin, Waingapu, Senin kemarin.

IST

Cabor Pencak Silat di Waingapu

KUPANG,TIMEX – Peserta pelatihan pelatih pencak Silat tingkat dasar, diharapkan dapat menularkan ilmu yang didapatnya, kepada para pesilat binaanya sehingga bisa berprestasi kedepan.

Harapan ini diungkapkan Kadispora Sumba Timur, Frangky Ranggabani yang mewakili Bupati Sumba Timur, saat membuka Kegiatan Pelatihan Pelatih Pencak Silat tingkat Dasar, yang di gelar Sanggar Seni dan Olahraga Kerta Negara Kabupaten Sumba Timur bekerjasama dengan Kemempora RI di Aula Hotel Evlin, Waingapu, Kabupaten Sumba Timur, Senin (3/12) kemarin.

“Pelatihan pelatih pencak silat ini merupakan bagian dari strategi untuk membekali pelatih pencak silat tentang tehnik-tehnik dasar pencak silat yang nantinya menjadi bagian dari ilmu yang akan ditularkan kepada atlet pencak silat binaanya. Termasuk memahami aturan pertandingan, kata Frangky Ranggabani dalam rilis yang di terima koran ini dari ketua panitia, Ferdy Amatae.

Dikatakannya, Pesilat NTT umumnya dan pesilat Sumba Timur khususnya sebenarnya bisa berprestasi di level regional, nasional bahkan internasional, jika dinina dengan baik dengan tehnik-tehnik dasar yang benar. “Jadi bukan hanya atlet pencak silat dari provinsi lain saja yang bisa berprestasi menyumbangkan medali emas di kejuaraan level nasional dan internasional,” ungkap Frengky.

Menurutnya, Kabupaten Sumba Timur menjadi terkenal, salah satunya karena prestasi yang disumbangkan atlet cabang olahraga (cabor) pencak silat pada setiap even kejuaraan yang diikuti.

“Pemerintah Sumba Timur, tentunya akan memberikan apresisi kepada atlet yang berprestasi dan menyumbangkan medali. Namun apresiasi yang sama tentunya tidak akan diberikan kepada atlet yang tidak berprestasi,” terangnya.

Prestasi yang sudah diraih oleh para atlet pencak silat lanjutnya, harus menjadi motivasi tersendiri bagi atlet Cabor lainnya agar juga bisa bisa berprestasi kedepan.
Sementara itu, Ferdy Amatae selaku Ketua panitia kepada koran ini mengatakan, kegiatan pelatihan pelatih pencak silat diikuti 115 peserta, yang berasal dari perwakilan Pengcab IPSI dan perguruan silat yang ada di NTT.

Sedangkan pemateri atau narasumber kegiatan ini berasal dari Kemenpora RI, PB IPSI dan Pengprov IPSI NTT

“Kegiatan ini dilaksanakan Sanggar Seni dan Olahraga Kerta Negara Kabupaten Sumba Timur berkolaborasi dengan Kementerian Kepemudaan dan Olahraga (Kemenpora),” jelas Ferdy saat menghubungi koran ini,

Adapun maksud dan tujuan digelarnya pelatihan ini, adalah untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) pelatih pencak silat, baik sikap, mental dan kedisiplinan, serta mampu memahami aturan pertandingan yang ada dan pada gilirannya mampu mencetak generasi muda yang berjiwa ksatria

“Kita juga ingin mendukung terciptanya pelatih berprestasi dan memahami aturan pertandingan olahraga pencak silat secara berkesinambungan,” lanjutnya.

Ditambahkannya, Prestasi terbaik pencak silat Indonesia, ditorehkan pada Asian Games pada bulan Agustus 2018, dimana Pencak Silat mampu menyumbang 14 medali emas dari 16 medali yang diperebutkan, sekaligus sebagai cabor yang menyumbangkan medali terbanyak bagi kontingen Indonesia di Asian Games 2018

Karena itu, terang Ferdy Pencak Silat terus didorong untuk semakin berkembang diberbagai pelosok tanah air, untuk memacu prestasi pencak silat ke depannya.

“Pelatihan pelatih pencak silat tingkat dasar yang dilaksanakan Sanggar Seni dan Olahraga Karta Negara di Kota Waingapu, Kabupaten Sumba Timur juga merupakan salah satu upaya yang dilakukan untuk mendorong perkembangan olahraga Pencak Silat di Sumba Timur, dan NTT pada umumnya,” jelasnya.(rum)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!