Timor Express

KUPANG METRO

484 di Kupang, 630 di TTS

ILUSTRASI: AMA LADO/TIMEX

SKB CPNS 2018

Mereka yang Dinyatakan Ikut SKB

KUPANG, TIMEX — Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengumumkan nama-nama CPNS yang lolos mengikuti seleksi kompetensi bidang (SKB). Hasilnya, dari total 3.678 yang mengikuti tes di Kota Kupang, hanya 484 yang bisa ikut SKB.

Sebelumnya, dalam seleksi kompetensi dasar (SKD), hanya 84 orang yang memenuhi passing grade. Karena tak bisa memenuhi kuota 259 jabatan yang disiapkan, maka BKN kemudian melakukan pemeringkatan. Dari 3.678 peserta, yang memenuhi syarat adalah 400 orang. Kemudian ditambah dengan 84 orang yang memenuhi passing grade saat SKD.
Mereka yang dinyatakan memenuhi syarat adalah memiliki akumulasi nilai minimal 255 saat SKD. SKB merupakan seleksi tahap III atau seleksi akhir penentuan CPNS.

Sekretaris Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kota Kupang, Poulce Amalo, saat diwawancarai di ruang kerjanya, Senin (3/12) menjelaskan, hasil perankingan ini segera diumumkan di papan pengumuman BKPPD Kota Kupang. Juga dimasukkan dalam website Kota Kupang agar para peserta seleksi bisa mengakses informasinya. “Peserta yang lolos agar bisa mempersiapkan diri mengikuti tes selanjutnya,” katanya.

Poulce melanjutkan, untuk sementara BKN hanya mengirim hasil perankingan. Untuk jadwal tes SKB belum ditentukan. “Jika nantinya ada perkembangan tentunya akan langsung disampaikan kepada semua peserta,” tutupnya.

Sementara itu, dari TTS dilaporkan dari total 3.461 peserta SKD beberapa waktu lalu, hanya 30 orang yang memenuhi passing grade. Kemudian, setelah BKN melakukan pemeringkatan, terdapat 600 orang yang lolos untuk mengikuti SKB. Mereka akan merebut 365 formasi yang dialokasikan pemerintah pusat untuk pemerintah Kabupaten TTS pada tahun 2018. “Karena 600 peserta lolos untuk ikut seleksi SKB, maka total peserta CPNS yang nanti ikut SKB sebanyak 630 orang, karena sebelumnya 30 sudah lolos pada SKD,” ujar Kepala BKD Kabupaten TTS, Senin (3/12) di ruang rapat Sekda TTS.

Pemerintah pusat telah memberikan nama-nama peserta seleksi yang dinyatakan lolos ke tahap seleksi selanjutnya ke BKD Kabupaten TTS. Meski demkian, hingga saat ini pemerintah pusat belum menjadwalkan waktu pelaksanaan seleksi SKB. Oleh sebab itu, pihaknya tengah menunggu jadwal dari panitia seleksi nasional (panselnas).

Jika sudah ada kepastian dapat diberitahukan kepada peserta SKB untuk ikut tahapan tersebut. “Kami tunggu jadwal saja dari panselnas. Kalau sudah ada jadwal, kami sosialisasikan kepada peserta seleksi CPNS untuk ikut,” ujar Linda.

Plh. Bupati TTS, Marthen Selan menuturkan selama ini pihaknya mendapat pertanyaan dari masyarakat TTS terkait sikap pemerintah pusat. Karena pemerintah pusat telah merekomendasikan 600 orang peserta CPNS di Kabupaten TTS untuk mengikuti tahapan SKB, ia berharap BKD TTS mensosialisasikan informasi tersebut kepada masyarakat agar masyarakat tidak lagi mempertanyakan hal tersebut. “Waktu yang ada ini, pakai baik-baik untuk persiapkan diri,” tandas Marthen.

Sementara itu, Plt. Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi NTT, Mulu Blasius yang dikonfirmasi membenarkan nama-nama peserta CPNS yang lolos SKB sudah diumumkan melalui website. Ia juga mengatakan masih menunggu kepastian waktu pelaksanaan SKB. (mg25/yop/sam)

 

DATA CPNS KOTA KUPANG

Formasi CPNS: 259
Peserta tes (SKD): 3.678
Lolos passing grade: 84 (2,28%)
Tidak lolos passing grade: 3.594
Lolos SKB: 484

DATA CPNS KAB. TTS

Formasi: 365
Peserta tes (SKD): 3.461
Lolos passing grade: 30 (0,86%)
Tidak lolos passing grade: 3.431
Lolos SKB: 630

DATA CPNS PEMPROV NTT

Formasi CPNS: 587
Peserta tes (SKD): 7.005
Lolos passing grade: 91
Lolos SKB: 1.053

Tenaga Kesehatan: 81
Guru: 909
Umum: 63

SUMBER: WEBSITE BKD PROVINSI NTT

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!