Timor Express

RAKYAT TIMOR

472 Peserta Rebut 246 Formasi

Di Kabupaten TTU
388 di Kabupaten Belu

KEFAMEMANU, TIMEX – Badan Kepegawaian Negara (BKN) Republik Indonesia telah mengumumkan nama-nama peserta CPNS yang lolos seleksi kompentensi dasar (SKD) dan siap mengikuti seleksi kompetensi bidang (SKB). Hasilnya, dari 3.263 yang merebut 246 formasi di Kabupaten TTU, yang berhasil lolos 472 peserta.

Sebelumnya yang berhasil mencapai passing grade saat seleksi kompetensi dasar (SKD) hanya 17 peserta. Karena tidak memenuhi kuota 246 formasi yang disiapkan, maka BKN kemudian melakukan perankingan nilai dari seluruh peserta tes SKD sesuai dengan keputusan Menpan-RB.

Kepala BKD Kabupaten TTU, Fransiskus Tilis kepada Timor Express, Selasa (4/12) menuturkan pihaknya telah menerima hasil perankingan dari BKN terkait nama-nama peserta SKD yang lolos mengikuti SKB sesuai dengan keputusan Kemenpan-RB.

Dikatakan, dari hasil perankingan oleh BKN, dari Total 3.263 peserta di Kabupaten TTU yang mendapatkan tiket untuk memgikuti tes SKB sebanyak 472 peserta termasuk 17 peserta lainnya yang lolos passing grade saat tes SKD. “Nama-nama yang lolos perankingan itu sudah ada dan Kabupaten TTU yang lolos SKD sebanyak 472 orang yang akan ikut tes SKB,” kata Frans Tilis.

Frans menambahkan, peserta yang lolos perankingan itu tersebar di semua formasi yang telah disiapkan. Namun didominasi formasi tenaga guru dan tenaga kesehatan. Sebanyak 14 formasi sama sekali tidak ada pelamar, sehingga tidak ada peserta yang lolos.

Walaupun sudah ada hasil dari BKN, hingga saat ini belum ada jadwal pelaksanaan SKB. Namun dipastikan pelaksanaan SKB akan dilakukan dalam akhir tahun ini sesuai jadwal sebelumnya.
Ia berharap, peserta yang lolos SKB dapat mempersiapkan diri dengan sehingga dapat mengikuti pelaksanaan ujian tes SKB dengan baik pula. Namun apabila persiapan peserta yang lolos tidak sungguh-sungguh maka dipastikan tidak akan lolos mendapatkan tiket menjadi ASN. “Peserta yang lolos SKB ini harus belajar sehingga tidak terjadi seperti pelaksanaan tes SKD sebelumnya,” pungkasnya.

Sementara itu, di Kabupaten Belu tercatat 388 peserta dinyatakan lolos mengikuti SKB.

Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Belu, Anton Suri mengatakan gagalnya tenaga honorer K2 Kabupaten Belu jelas mengurangi formasi CPNS Belu sebanyak 168. Padahal ini diperjuangkan Bupati Belu Willy Lay belum lama ini. Dengan demikian 388 peserta test CPNSD Belu yang sudah lolos tahapan SKD hanya merebut 167 formasi.

Sebelumnya total peserta yang mengikuti tes sebanyak 2.388 orang. Saat pelaksanakan tes, 32 orang tidak ikut. Jadi jumlah peserta berkurang menjadi 2.356 orang saja. Hasilnya 22 peserta lolos passing grade. “Setelah BKN menerapkan sistem perankingan ternyata 388 yang lolos SKD dan bisa maju ke tahap SKB,” jelas Anton Suri.

Menurut dia, SKB yang saat ini jadwalnya menunggu informasi BKN akan tetap menggunakan sistem CAT. Saat ini jelas Anton, panitia seleksi nasional (Panselnas) masih melakukan persiapan-persiapan untuk pelaksanaan SKB. “Saat ini panitia tingkat Kabupaten Belu sudah berkoordinasi dengan pihak SMKN 1 Atambua untuk pelaksanaan SKB nanti,” kata Kepala BKPP Belu. (mg26/ogi/sam)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!