Timor Express

KUPANG METRO

BNPB Sumbang 16 Unit Bak Penampung

BANTUAN. Salah satu warga, Gerson Pandie saat menunjukkan bak penampung di halaman rumahnya, Selasa (4/12).

IMRAN LIARIAN/ TIMEX

TDM, TIMEX – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyumbang 16 unit bak penampung kepada warga di delapan RT di Kelurahan Tuak Daun Merah (TDM), Kecamatan Oebobo.

Bak penampung dengan kapasitas 2.200 liter itu berfungsi untuk memanen hujan. Bak itu dilengkapi tiga filter (penyaring) sehingga ketika menampung air hujan warga langsung bisa mengkonsumsi air baku tersebut untuk kehidupan sehari-hari.

Bantuan tersebut sebagai bentuk perhatian pemerintah terhadap warga di Kelurahan TDM yang masuk dalam Kelurahan Tangguh Bencana.

Kepada Timor Express, Selasa (4/12) di ruang kerjanya, Lurah TDM Erwin Henuk menyampaikan terima kasih kepada pemerintah pusat yang telah membantu Kelurahan TDM. Tentunya dengan bantuan tersebut sangat membantu masyarakat untuk bisa mengkonsumsi air bersih.

Bantuan itu disebarkan pada beberapa RT, yakni RT 3, 4, 5, 6, 15, 16 dan RT 17. Saat ini, kata Erwin sapaan akrab Lurah TDM, warga sudah dapat mengkonsumsi air baku yang ditampung ketika turun hujan. Dengan begitu, masyarakat tidak lagi kekurangan air.

Di samping itu, tambahnya, warga juga mendapatkan bantuan jalan setapak dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Kupang. “Ke depan rencananya akan dibuka lagi akses jalan menuju ke kali, sehingga warga dapat memanfaatkan daerah aliran sungai untuk bercocok tanam,” ungkapnya.

Orang nomor satu di Pemerintah Kelurahan TDM menambahkan pihaknya bersama-sama warga menanam pohon di daerah aliran sungai (DAS). Di samping itu untuk mendukung program Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat tentang budidaya kelor, sehingga warga juga sudah menanam beberapa anakan pohon kelor.

Sementara mengenai infrastruktur, sebut Erwin, Pemerintah Kota Kupang telah menyumbang dua sumur resapan. Diketahui bahwa wilayah Kelurahan TDM merupakan dataran rendah sehingga secara otomatis banjir dari kelurahan tetangga bermuara di Kelurahan TDM. Untuk itu, ia berharap Pemerintah melanjutkan pengerjaan drainase ke Kelurahan Oebufu sehingga ketika banjir tidak meluap masuk ke wilayah Kelurahan TDM.

Salah satu warga TDM, Gerson Pandie menyampaikan terima kasih kepada BNPB yang telah memberikan bantuan bak penampung yang bertujuan untuk memanen air hujan. Air hujan yang masuk ke fiber melalui beberapa penyaringan yang berfungsi secara baik sehingga bisa langsung dikonsumsi masyarakat. “Bukan hanya saya yang pakai tetapi airnya saya juga berbagi dengan tetangga saya,” ucapnya.

Dia berharap pemerintah dapat membantu warga lainnya yang belum tersentuh bantuan ini. (mg22/sam)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!