Timor Express

SUROSA

Penuh Tanggung Jawab Dalam Melaksanakan Tugas

TANDA TANGAN. Bupati SBD, Markus Dairo Talu menyaksikan penandatanganan berita acara pengambilan sumpah PNS, Selasa (4/12).

EDY BEREN/TIMEX

Pengambilan Sumpah 324 PNS SBD

TAMBOLAKA, TIMEX – Sebanyak 324 PNS lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumba Barat Daya (SBD), diambil sumpahnya, Selasa (4/12). Dari jumlah itu, sebanyak 300 orang guru garis depan, tujuh orang penyuluh pertanian dan 17 orang bidan.

Pengambilan sumpah yang dilakukan di aula kantor bupati SBD, dihadiri Bupati SBD, Markus Dairo Talu,  Wakil Bupati, Ndara Tanggu Kaha.

Pengambilan sumpah disaksikan Kepala BKPP, Yeremias Wunda Lero, Kepala Dinas Pendidikan, Yohana L Lango, Sekretaris Dinas Kesehatan, Margareta Zeland dan rohaniwan pendamping, Samsi Pua Golo, Pdt Irene Takanjanji, Rm Hendrikus Dili, O.Carm dan Gede Aryada.

Bupati SBD, Markus Dairo Talu pada kesempatan itu mengatakan, pengambilan sumpah/janji PNS menjadi salah satu upaya pembinaan bagi PNS dengan tujuan agar dapat memaknai posisi dan peran sebagai abdi negara dan abdi masyarakat dengan sebaik-baiknya dan diharapkan memiliki kesetiaan dan ketaatan terhadap Pancasila dan UUD 1945, bermental baik, jujur, berdaya guna serta penuh tanggung jawab dalam melaksanakan tugas, sehingga dapat memberikan kontribusi positif bagi proses pencapaian tujuan organisasi pemerintah daerah.

Rohaniwan pendamping, Rm Hendrikus Dili, O.Carm mengatakan, pelantikan mengandung tanggung jawab yang besar untuk mengamalkan Pancasila dan UUD 1945. Selain itu, sebagai pegawai Katolik setiap orang di sumpah untuk melayani dengan cinta kasih yang tulus kepada semua orang yang  dilayani. Pekerjaan sebagai PNS hendaknya dilihat sebagai ladang Tuhan dan PNS Katolik adalah penggarap-penggarapnya.

Dirinya berpesan agar para penggarap bekerja giat menghasilkan panen yang berlimpah-limpah bagi kemuliaan Tuhan dan kesejahteraan sesama.

Sementara itu, salah seorang PNS Penyuluh Pertanian, Antonius Kiku mengaku gembira dengan pengambilan sumpah dan pelantikan tersebut. Namun kegembiraan itu dibarengi dengan tanggung jawab yang besar.

Dirinya melihat bahwa menjadi PNS bukan pekerjaan kecil. Ia menganggap bahwa ini merupakan panggilan negara untuk mengabdikan dirinya di daerahnya dan bertanggung jawab penuh atas tugas yang diembankan.

Ia harus mampu berdedikasi di instansi tempat kerja secara maksimal. Hal inilah yang menjadi beban tanggung jawab yang besar bagi seorang PNS. (mg28/ays)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!