Timor Express

PENDIDIKAN

Guru IPA Dilatih Buat Preparat Jaringan Tumbuhan

PENGABDIAN.Peserta pelatihan dan Tim Pengabdian Masyarakat foto bersama usai kegiatan pelatihan di Laboratorium Biologi UKAW Kupang, Jumat (30/11)

PSPB FOR/TIMEX

KUPANG, TIMEX-Guru Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Kupang berkesempatan mengikuti pelatihan Pembuatan Preparat Jaringan Tumbuhan di Laboratorium Biologi Universitas Kristen Artha Wacana (UKAW) Kupang, Jumat (30/11) lalu.

Kegiatan yang melibatkan guru dari 2 sekolah itu merupakan bagian dari pengabdian kepada masyarakat melalui pelatihan atau Workshop bagi para guru IPA SMP di Kota Kupang yang diselenggarakan oleh dosen Prodi Pendidikan Biologi (PSPB), FKIP UKAW Kupang.

Kegiatan ini diketuai Sonya Titin Nge, bersama Agus Maramba Meha dan Apriliana Ballo, sebagai anggota tim pengabdian ini dilakukan dalam sehari.

Ketua Tim Pengabdian, Sonya Titin Nge kepada Timor Express, memberi apresiasi kepada pihak sekolah dan para guru yang sudah bekerja sama menyukseskan kegiatan tersebut.

Dikatan Sonya, kegiatan yang melibatkan para guru Mata Pelajaran Biologi SMP ini bertujuan untuk melatih para guru-guru dalam mengembangkan keterampilan untuk membuat preparat jaringan tumbuhan.

Diharapkan agar guru-guru dapat mengimplementasikan apa yang didapat dari kegiatan ini. sehingga diterapkan di sekolah dalam proses pembelajaran yang berhubungan dengan materi tentang jaringan tumbuhan.

“Kegiatan ini diikuti guru-guru Biologi dari SMP Negeri 5 Kupang dan SMP Negeri 20 Kupang. Ke depan direncanakan akan digelar dengan skala yang lebih besar lagi dan tentunya jumlah disesuaikan dengan fasilitas laboratorium yang ada,” jelas Sonya di kantor FKIP PSPB, UKAW Kupang, Rabu (5/12).

Hasil dari kegiatan, guru menjadi terampil dalam membuat sayatan preparat, baik sayatan melintang dan membujur. Hal ini terlihat dari hasil sayatan yang dibuat dapat menempel dengan baik dan tidak terdapat celah antara kaca benda dan kaca penutup.

Upaya memberikan pelatihan ini dinilai sangat penting untuk terus dilanjutkan. Dimana kegiatan ini sudah meningkatkan kemampuan guru dalam hal mempersiapkan alat dan bahan serta meningkatkan kemampuan dalam membuat preparat jaringan tumbuhan menjadi baik. Tujuannya agar berdampak positif bagi berlangsungnya proses pembelajaran yang efektif dan efisien di sekolah. Terutama berhubungan dengan materi pelajaran tentang jaringan tumbuhan.

Lebih lanjut, Sonya mengungkapkan, banyak guru biologi yang memiliki alat sangat lengkap di sekolah. Namun belum mampu mengoperasikan secara baik dan sebaliknya ada sekolah yang gurunya mampu, namun tidak ada fasilitas yang mendukung.

Dengan pengabdian ini, dapat memberikan tambahan ilmu untuk mempergunakan fasilitas yang ada di sekolah masing-masing. Serta kepada sekolah yang belum memiliki alat, bisa diadakan, karena pembelajaran kepada siswa sangat penting.(mg29/cel)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!