Timor Express

KUPANG METRO

H-1, 13 Orang Melamar ke Bank NTT

Sukardan Aloysius

Posisi Komut, Dirut dan Dirum

KUPANG, TIMEX – Masa pendaftaran calon untuk menempati tiga jabatan strategis di PT Bank Pembangunan Daerah (BPD) NTT, yakni Komisaris Utama (Komut), Direktur Utama (Dirut) dan Direktur Umum (Dirum), Sabtu (8/12) hari ini akan berakhir. Hingga hari kelima, Jumat (7/12), terdapat 13 orang yang sudah mendaftar.

“Sudah ada 13 orang yang melamar untuk semua posisi,” ujar Ketua Komite Renumerasi dan Nominasi (KRN) Bank NTT, Sukardan Aloysius kepada Timor Express, siang kemarin.

Sukardan menyebutkan, dari 13 orang yang mendaftar, tujuh orang di antaranya mendaftar sebagai Komut, tiga orang untuk posisi Dirut dan tiga orang lainnya untuk posisi Dirum.

Untuk posisi Dirut dan Dirum, menurut Sukardan, enam orang yang mendaftar untuk dua posisi tersebut ada yang berasal dari internal Bank NTT. Sebab pendaftaran calon yang dibuka KRN dari tanggal 3-8 Desember 2018 diperuntukkan untuk umum, baik internal maupun eksternal. Sedangkan untuk posisi Komut, semuanya berasal dari eksternal Bank NTT. Ada yang dari Perguruan Tinggi (PT), dari kalangan swasta, dan beberapa latar belakang profesi lainnya.

“Dirut dan Dirum ada dari internal Bank NTT. Dari eksternal juga ada,” terang mantan Dekan Fakultas Hukum Universitas Nusa Cendana itu.

Disinggung soal jumlah calon yang nantinya diusulkan ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Sukardan menjelaskan, jumlah calon yang diusulkan tiap-tiap jabatan minimal satu orang.

Dan idealnya, calon yang diusulkan ke OJK minimal dua orang untuk tiap-tiap jabatan. Sehingga hal-hal yang pernah terjadi sebelumnya tidak lagi terulang, dimana calon tunggal untuk satu jabatan ternyata tidak lolos fit and proper test di OJK. “Tapi soal berapa calon untuk tiap-tiap jabatan yang akan diusulkan ke OJK, itu semua tergantung kebijakan pemegang saham dalam hal ini PSP sesuai dengan amanat RUPS-LB,” jelas Sukardan.

Ditanya lebih lanjut soal identitas dari 13 calon yang sudah mendaftar, Sukardan mengaku tidak ingat persis nama-nama calon tersebut. Dan di akhir wawancara dengannya, dia mengingatkan semua pihak bahwa masa pendafataran tinggal satu hari lagi.

“Besok (hari ini, red) tutup. Batas waktunya sesuai dengan jam kantor yakni jam 5 sore,” tandasnya.

Untuk diketahui, setelah tahapan pendaftaran, KRN akan meneliti semua berkas yang dimasukan para calon. Selanjutnya di tanggal 11-12 Desember 2018, akan dilakukan fit di tingkat KRN. Pewawancaranya berasal dari internal dalam hal ini KRN sendiri. Juga dari pihak eksternal, yakni orang yang punya pengalaman dan pengetahuan di bidang perbankan.

Sesuai intruksi RUPS-LB, KRN juga akan melakukan konsultasi dengan Pemegang Saham Pengendali (PSP) dalam hal ini Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat. Konsultasi dengan PSP dilakukan setelah fit di tingkat KRN, yakni pada tanggal 13-14 Desember 2018. Tugas penjaringan calon oleh KRN akan berakhir sampai dengan penyerahan dokumen kepada Direktur Kepatuhan. (tom/sam)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!