Timor Express

EKONOMI

Kemendag Pastikan Stok Sembako Aman hingga April

Staf Khusus Menteri Perdagangan (Mendag) bidang Hubungan Antar Lembaga, Eva Yuliana.

Ari Purnomo/JawaPos.com

NTT Juga Dalam Posisi Aman

SOLO, TIMEX – Kementerian Perdagangan (Kemendag) memastikan pasokan kebutuhan pokok menjelang natal dan tahun baru aman. Bahkan, Kemendag menjamin stok masih aman setidaknya sampai empat bulan ke depan atau April.

Guna memastikan pasokan Sembako aman, Kemendag juga menggandeng stakeholder daerah. “Kami melakukan pengecekan stok kebutuhan pokok di sejumlah daerah di Jateng, dan memastikan pasokan masih aman. Dan Insya Allah dalam empat bulan ke depan stok masih aman,” terang Staf Khusus Menteri Perdagangan (Mendag) bidang Hubungan Antar Lembaga, Eva Yuliana kepada JawaPos.com (grup Timex), Jumat (7/12) .

Salah satu lokasi pasar yang didatangi untuk memastikan stok sembako adalah Pasar Nusukan di Solo. Usai melakukan kunjungan tersebut, Eva mengatakan, bahwa memang terjadi kenaikan sejumlah bahan pokok. Salah satunya adalah komoditas cabai.

Menurutnya, kenaikan tersebut masih dalam batas wajar. “Kalau saya menyebutnya kenaikan karena pemakluman cuaca. Karena terjadi hujan maka harganya juga naik. Hal ini disebabkan saat hujan turun otomatis biaya produksi juga akan meningkat. Sehingga, harga juga mengalami kenaikan,” ucapnya.

Dan jika nanti, lanjut Eva, kondisi cuaca sudah kembali seperti semula maka harga juga akan turun. Meski terjadi kenaikan, menurutnya harga masih relatif stabil dan tidak perlu dikhawatirkan.

Sementara itu, untuk menjaga ketersediaan pasokan dan juga harga yang stabil Kemendag turut menggandeng stakeholder setempat. Hal ini ditujukan agar para pemangku kepentingan turut ambil bagian untuk menjaga harga. Terutama menjelang perayaan Natal dan pergantian tahun mendatang.

“Kalau sampai ada penimbunan maka kami akan turun tangan. Tapi selama ini kami belum menemukan adanya penimbunan,” ungkapnya.

Tak hanya di Solo dan kota-kota besar lainnya, ketersediaan sembako di NTT khususnya di Kota Kupang juga masih aman. Hal itu disampaikan Wakil Gubernur NTT, Josef Nae Soi usai memantau harga bahan pokok di Pasar Kasih Naikoten bersama Staf Ahli Mendag Bidang Hubungan Internasional, Dody Edward serta TPID, Jumat (30/11) lalu.

Nae Soi mengatakan, lonjakan harga bahan pokok jelang hari raya keagamaan merupakan suatu realita yang lazim terjadi. Bahkan sejumlah bahan pokok juga mengalami kelangkaan. Namun dia bersyukur karena harga bahan pokok di NTT relatif stabil. Begitu juga dengan keteresediaan bahan pokok yang masih aman hingga akhir tahun.

“Ada beberapa bahan pokok yang mengalami kenaikan, tapi dari sisi pemasaran dan ekonomi, kenaikan harga masih dalam taraf wajar. Kita harus antisipasi dengan berbagai upaya supaya tidak mengalami gejolak harga dan kelangkaan bahan pokok,” kata mantan anggota DPR RI itu. (apl/JPC/tom)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!