Timor Express

KUPANG METRO

RS Siloam Buka Layanan Kateterisasi Jantung

BERSAMA. Dari kanan ke kiri, Direktur RS Siloam dr. Yuli Butu, dr. Emile T.H. Parapat, dr. Leonora dan Operational Manager Andersen S. Soeharto pose bersama usai kegiatan Seminar Kesehatan Jantung dan Pembukaan Kateterisasi Jantung, bertempat di Rumah Sakit Siloam Kupang, Jumat (7/12).

IMRAN LIARIAN/TIMEX

KUPANG, TIMEX – Rumah Sakit Siloam Kupang yang berakreditasi B merupakan kebanggaan tersendiri bagi warga Kota Kupang dan NTT. Pasalnya, rumah sakit ini menyiapkan fasilitas yang cukup lengkap serta SDM yang berkualitas.

Manajemen RS Siloam terus berbenah untuk meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang ditandai dengan pengadaan Cath Lab atau kateterisasi jantung.

Untuk memberikan pemahaman serta pelayanan kesehatan yang terbaik kepada masyarakat, RS Siloam Kupang menyelenggarakan seminar Kesehatan Jantung dan Pembukaan Kateterisasi Jantung, bertempat di RS Siloam, Jumat (7/12).

Pada kesempatan itu, tampil sebagai pemateri dr. Leonora J.T. yang merupakan dokter spesialis penyakit jantung. Ia menjelaskan penyakit jantung paling banyak adalah jantung koroner. Pengobatan tersebut dengan kateterisasi Cath Lab. Diketahui bahwa penderita penyakit tersebut kebanyakan dirujuk ke rumah sakit di luar Provinsi NTT. Angka penderita penyakit jantung di NTT terbilang tinggi. Oleh sebab itu dengan adanya Cath Lab yang telah dihadirkan di RS Siloam sangat membantu masyarakat sehingga tidak lagi rujuk ke rumah sakit lainnya. “Cath Lab ini menyelesaikan masalah penyakit jantung,” ujarnya. Dalam artian penyakit jantung yang disebabkan penyumbatan pembuluh darah dapat diatasi dengan Cath Lab ini.

Sementara itu, dr. Emile T.H. Parapat, yang merupakan dokter spesialis jantung dan pembuluh darah, menjelaskan bahwa keberadaan Cath Lab bisa mengatasi permasalahan penyakit jantung. Diketahui bahwa penyakit jantung adalah penyebab kematian tertinggi. “Cath Lab ini bukan lagi kebutuhan sekunder melainkan kebutuhan primer,” ungkapnya.

dr. Emile menambahkan kelebihan dari alat Cath Lab yakni setiap individu yang menderita penyakit jantung sampai berujung pada kematian bisa diperbantukan dengan Cath Lab dan membuat jantung dapat berfungsi kembali. Ini bisa diartikan Cath Lab memberikan harapan hidup kepada si penderita.

Oleh sebab itu, lanjut dia, RS Siloam Kupang menghadirkan alat Cath Lab untuk membantu masyarakat serta merupakan wujud jawaban terhadap keluhan masyarakat, khususnya penderita jantung di NTT.

Selanjutnya dr. Lowy Junita menjelaskan kebiasaan merokok atau perokok aktif bisa menyebabkan penyakit jantung. Untuk itu, katanya, alangkah lebih baik mencegah daripada mengobati. Oleh sebab itu, mesti mengindari hal-hal yang berpotensi mendatangkan penyakit jantung.

Sementara Direktur Rumah Sakit Siloam dr. Yuli Butu mengatakan sumber daya manusia yang ada di RS Siloam sangat berkompeten di bidangnya masing-masing. Perawat misalnya, mereka telah diberi pelatihan atau training sehingga betul-betul menjalankan tugas secara profesional. Prinsipnya, RS Siloam senantiasa memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dalam hal kesehatan.

Selanjutnya Operational Manager RS Siloam Kupang Andersen S. Soeharto menuturkan pengadaan alat Cath Lab ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Apalagi ditambah dengan kualitas barang atau alat yang sangat baik. Kendati demikian, RS Siloam ingin memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat tidak setengah-setengah atau dengan kata lain total.

Untuk itu, katanya, dalam pelayanan kesehatan RS Siloam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. “Kehadiran Cath Lab sangat menolong masyarakat,” tandasnya.
Masyarakat penderita penyakit jantung tidak lagi rujuk ke rumah sakit di luar NTT melainkan bisa datang ke rumah sakit Siloam yang memberikan pelayanan kesehatan terbaik. (mg22/sam)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!