Timor Express

KUPANG METRO

Tingkatkan Ekonomi Masyarakat, Siapkan Destinasi Wisata

KUPANG, TIMEX – Pelaksanaan even Tour de Timor (TdT) yang direncanakan berlangsung pada tanggal 4 sampai dengan 8 Desember 2018 dibatalkan.

Even tahunan yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata NTT ini belum dipastikan waktu penyelenggaraannya karena harus mempersiapkan proses penyelenggaraan sesuai dengan instruksi Gubernur NTT.

Terhadap instruksi Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat, alasan ditundanya pelaksanaan TdT tahun 2018 ini karena belum ada persiapan yang memadai di setiap kabupaten dan destinasi wisata yang akan disinggahi para peserta TdT.

Kepala Dinas Pariwisata NTT Dr. Marius Jelamu, mengatakan, Gubernur NTT ingin agar kegiatan tersebut harus dipersiapkan secara baik.

“Bapak gubernur kita ini memiliki pemikiran-pemikiran cerdas untuk merubah ekonomi masyarakat, sehingga ia ingin supaya TdT dipersiapkan secara baik, seperti budaya, destinasi wisata dan juga berbagai kegiatan yang bisa memberi manfaat bagi masyarakat di setiap etape ataupun tempat persinggahan lainnya,” ungkap Marius di Aula Kantor Dinas Pariwisata, belum lama ini.

Ditambahkan, pembatalan ini bukan karena pemotongan anggaran di tingkat Pemprov, namun untuk menjawab keinginan dari gubernur maka Dinas Pariwisata NTT tetap melakukan koordinasi dengan pemerintah di tingkat kabupaten agar mempersiapkan kekayaan alam dan kreatifitas serta keahlian masyarakat guna peningkatan ekonomi masyarakat.

“Pemerintah yang lebih dekat dengan masyarakat adalah pemerintah kabupaten, sehingga seharusnya pemerintah kabupaten lebih menangkap kebijakan pemerintah provinsi, karena kebijakan yang diambil merupakan peluang peningkatan kesejahteraan masyarakat,” kata Marius Jelamu.

Dia mencontohkan, Bupati Lembata yang sangat hebat dan harus dicontohkan oleh kabupaten lain, karena pemimpin seperti itulah yang dibutuhkan untuk membangun daerah ini.

“Seorang pimpinan daerah harus menguasai wilayahnya dan bisa mengambil keputusan meski kontroversial, namun bisa mendatangkan keuntungan dari destinasi wisata yang ada di setiap daerah,” papar Marius Jelamu.

Diharapkan, dengan permintaan dan koordinasi yang dilakukan sejak dipastikan TdT tahun ini dibatalkan, dapat disikapi secara serius oleh pemerintah daerah, khusunya daerah yang akan dilintasi peserta TdT, untuk mempersiapkan apa yang diinginkan gubernur agar TdT segera dilakukan.

“Semuanya ini demi meningkatkan ekonomi masyarakat sehingga semua stakeholder perlu terlibat aktif,” tutup Marius Jelamu. (mg29/joo)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!