Pleno DPT-HP2 Kembali Ditunda – Timor Express

Timor Express

SUKSESI

Pleno DPT-HP2 Kembali Ditunda

DI LAPAS.KPU dan Bawaslu NTT saat berkoordinasi dengan Kementerian Hukum dan HAM Provinsi NTT terkait pemilih di Lapas Kupang, Rabu (12/12).

ISTIMEWA

KUPANG, TIMEX-Masalah daftar pemilih tetap (DPT) untuk pemilu serentak nasional 2019 di Provinsi NTT belum juga beres.

Rapat pleno yang membahas DPT hasil perbaikan kedua, Rabu (12/12) harus ditunda. Padahal sebelumnya, rapat pleno sebelumnya pada pertengahan November 2018 lalu, juga ditunda.

Saat itu, pleno penetapan DPT harus ditunda karena dua kabupaten, masing-masing Kabupaten Rote Ndao dan TTS bermasalah. Sehingga Bawaslu memberi rekomendasi untuk diskors.

Menariknya, pada rapat pleno Rabu (12/12) yang berlangsung di Aula KPU Provinsi NTT, justru terdapat tiga kabupaten yang bermasalah. Yakni Kabupaten Manggarai, Sumba Barat dan Kota Kupang.

Hal ini diakui Ketua KPU NTT, Maryanti Luturmas-Adoe yang dikonfirmasi Timor Express, Rabu (12/12). “Yang belum ditetapkan oleh KPU NTT itu Sumba Barat dan Kota Kupang. Sementara kabupaten yang belum penetapan, Manggarai,” jelas Tanti.

Hal ini juga diungkapkan Anggota Bawaslu NTT, Jemris Fointuna yang diwawancara terpisah. Menurut Jemris, Kabupaten Manggarai belum melakukan pleno penetapan, sehingga belum diplenokan di tingkat provinsi. Sementara Kupang Kupang dan Sumba Barat sudah diplenokan, namun masih ditunda.

“Karena masih telusuri identitas warga Lapas Kupang dan wargaLapas Waikabubak Sumba Barat,” jelas Jemris.

Proses pemutakhiran data pemilih telah dilakukan lebih dari enam bulan. Dari penetapan daftar pemilih sementara (DPS). Dilanjutkan dengan penetapan DPT. Namun banyaknya temuan data pemilih bermasalah, KPU melakukan penelusuran kembali.(cel)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!