Timor Express

EKONOMI BISNIS

Revolusi Industri 4.0 dengan Pengembangan SDM

TEKNOLOGI. Di era revolusi industri 4.0, semua hal bisa dikerjakan hanya dengan mengandalkan teknologi.

IST

JAKARTA, TIMEX – Perkembangan teknologi selalu menimbulkan perubahan yang signifikan pada Industri 4.0 ini. Ditandai dengan robotisasi dan digitalisasi, muncul penemuan baru seperti mobil tanpa pengemudi, robot pintar, artificial intellegent dan lain sebagainya.

Country HR Director GE Indonesia Rudi Afandy mengatakan, distrupsi pun terjadi di berbagai lini dan membawa pengaruh sangat besar, salah satunya di dunia korporasi. Teknologi berubah secara exponential, namun sayangnya organisasi masih tumbuh secara logarithma.

“Akibatnya terjadi gap di organisasi, 50 persen berada di level senior manager yang rata rata adalah gen X, dan 17 persen gap muncul di level junior manager,” ujarnya seperti diberitakan Jumat (14/12).

Namun sayangnya, menurutnya, masih sedikit ditemukan sumber daya manusia (SDM) yang dapat mengimbangi hal tersebut. Sehingga, bisnis yang berkembang pesat tidak disertai dengan kesiapan people dan organisasinya.

“Menjadi tantangan besar untuk para HCD untuk dalam waktu singkat menemukan dan menciptakan karyawan yang sesuai dengan perubahan zaman, selain organisasi diharapkan segera beradaptasi. Bukan itu saja, bagian HCD pun sudah mulai memikirkan platform terbaik untuk mengembangkan para karyawan dan talent yang dimiliki,” tuturnya.

Sementara Direktur Kubik Leadership Jamil Azzaini mengatakan, tidak hanya berfokus pada pengembangan karyawan saja, tetapi juga menyiapkan pemimpin yang hebat, tangguh dan bisa membawa organisasi melewati berbagai tantangan yang muncul.

“Dengan perpaduan dua hal, memiliki pemimpin yang hebat, dan karyawan yang sesuai dengan perubahan niscaya sebuah perusahaan atau organisasi tidak lagi gagap menyambut era revolusi industri 4.0,” tandasnya. (mys/JPC/tom)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!