Timor Express

KUPANG METRO

500 Pejabat Digeser

ILUSTRASI: MARTEN LADO/TIMEX

Nama Kadispenduk dan Kadinkes Disebut
Draf Mutasi Digodok Wali-Wawali

KUPANG, TIMEX – Setelah melantik sejumlah lurah, kepala SMP dan pejabat eselon III, Jumat (14/12), dijadwalkan Selasa besok digelar pelantikan pejabat eselon II,  III dan IV. Total mereka yang dilantik bisa mencapai 500 orang.

Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat) Kota Kupang sudah mengantongi sejumlah nama yang akan diroling. Tujuannya untuk mengisi beberapa dinas yang lowong.

Pejabat eselon II bisa menempati jabatan yang sementara lowong, yang sedang dijabat oleh Pelaksana Tugas (PLT). Jabatan yang lowong saat ini, yakni Kepala Dinas Perhubungan, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Asisten II, Kepala Kesbangpol dan Kepala Dinas Pariwisata.

Setelah mutasi, tetap akan tersisa enam jabatan lowong. Ini dikarenakan jumlah pejabat eselon II saat ini tidak sesuai dengan jumlah OPD yang ada. Oleh karena itu, Pemerintah Kota Kupang akan melakukan pelelangan jabatan untuk mengisi jabatan yang masih lowong tersebut.

Hingga Minggu kemarin, ada beberapa nama yang disebut-sebut akan bergeser dari jabatannya saat ini. Berdasarkan informasi dari sumber tepercaya, beberapa nama di antaranya Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil David Mangi. David dikabarkan akan digantikan oleh Gosha Yohanes yang saat ini menjabat Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi.

Selain itu, ada juga nama Kepala Puskesmas Penfui Jermias D. Ledoh S.KM, Kepala Dinas Kesehatan dr. Ari Wijana, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana dr. Retnowati, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Orson Nawa dan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Yeri Padji Kana serta beberapa nama lainnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Kupang, dr. Ari Wijana, saat diwawancarai, Jumat (14/12) mengaku belum menerima undangan pelantikan. Ia pun belum tahu soal namanya yang disebut-sebut ikut dimutasi. “Saya belum dapat undangan jadi belum tahu,” ujarnya.

Hal ini juga diungkapkan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Yeri Padji Kana. “Saya belum terima undangan. Jika memang saya masuk dalam daftar mutasi, maka saya siap ditempatkan di mana saja. Saya staf dan siap menjalankan tugas,” kata Yeri.

Sementara itu, Plt. Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kota Kupang, Ade Manafe mengatakan untuk mutasi eselon II, pemerintah harus mendapatkan izin Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). Rekomendasi ini sudah didapat. “Jadi Baperjakat harus melakukan rapat ulang untuk memberikan pertimbangan terhadap pejabat eselon II yang akan dimutasi,” ujarnya.

Hingga berita ini diturunkan, menurut Ade, dia belum menerima draf mutasi eselon II. Pasalnya draf eselon II dikerjakan sendiri oleh Wali Kota dan Wakil Wali Kota. Setelah selesai barulah diberikan kepada BKPPD untuk mengundang Baperjakat memberikan pertimbangan sesuai aturan yang berlaku. “Tetapi bisa dipastikan bahwa Selasa nanti mutasi tahap II akan dilaksanakan. Untuk eselon II, eselon III, kepala SD dan kepala Puskesmas,” ungkapnya.

Terpisah, Wali Kota Kupang Jefri Riwu Kore yang dikonfirmasi mengatakan nama-nama masih digodok. Namun, ia memastikan nama-nama tersebut akan menempati OPD yang sesuai dengan kompetensinya.

Jefri mengatakan Senin hari ini sudah selesai digodok, sehingga Selasa besok sudah dilantik. Terkait nama-nama yang beredar, ia enggan berkomentar. Menurutnya, mutasi adalah hal biasa. Apalagi ini hanya pergeseran. Oleh karena itu, pejabat yang digeser tidak boleh kecewa karena tetap ada dalam jenjang yang sama. “Tetap eselon II tapi di OPD yang berbeda. Ini demi pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat,” ujar Jefri.

Mantan anggota Komisi X DPR RI ini menambahkan Pemkot akan segera melakukan pelelangan jabatan agar jabatan eselon II yang masih lowong bisa terisi semua. “Kita masih godok. Percayalah kita tempatkan sesuai dengan kompetensinya,” ujar Jefri. (mg25/sam)

 

Eselon II yang Disebut-sebut Dimutasi

1. Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil): David Mangi

2. Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Nakertrans): Gosha Yohanes

3. Kepala Dinas Kesehatan: dr. Ari Wijana

4. Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana: dr. Retnowati

5. Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan: Orson Nawa

6. Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan: Yeri Padji Kana

7. Kepala Dinas Pekerjaan Umum: Benny Sain
8. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika: Danberty E. Ndapamerang

Jabatan yang Lowong

– Kepala Dinas Perhubungan
– Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak
– Asisten II
– Kepala Kesbangpol
– Kepala Dinas Pariwisata

Jabatan yang Dimutasi

– Pejabat Eselon II
– Pejabat Eselon III
– Pejabat Eselon IV
– Kepala Sekolah Dasar
– Kepala Puskesmas

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!