Timor Express

RELIGI

Cari Dana untuk Mendukung Pembangunan Gedung Gereja

MEMUKAU. Bams tampil memukau melantunkan sejumlah kidung rohani dalam konser di Gereja Silo Naikoten 1 Kupang, Jumat (14/12) malam.

INTHO HERISON TIHU/TIMEX

Pemuda GMIT Silo Naikoten I Gelar Konser dan Natal Bersama 

Pembangunan gedung gereja untuk menjadi pusat ibadah, merupakan keinginan banyak jemaat dimana saja berada. Untuk menjawab keinginan tersebut, berbagai upaya terus dilakukan, salah satunya mencari dana pembangunan.

INTHO HERISON TIHU, Kupang

MENCARI dana pembangunan seringkali lebih diperankan dan lebih berperan adalah para kepala keluaga serta panitia yang telah dibentuk. Pemuda juga terlibat tetapi pada proses pengerjaan fisik.

Namun berbeda dengan Badan Pengurus (BP) Pemuda Gereja Masehi Injili Timor (GMIT) Silo Naikoten 1 Kupang.

Para pemuda bersinergitas dan berinovasi melakukan upaya-upaya untuk mendatangkan dana membantu pelayanan pembangunan pada jemaat tersebut.

Para pemuda setelah melalui proses panjang dan rencana yang lama, akhirnya mimpi para pemuda untuk mengadakan konser dengan menghadirkan artis rohani akhirnya terwujud.

Wujud kerja keras untuk mendukung pembangunan gedung gereja tersebut terselenggara dengan menghadirkan Bams Ex Samson di Gedung Kebaktian Jemaat Silo, Jumat (14/12).

Konser penggalangan dana tersebut mendapat respon positif dari para jemaat Silo dan juga jemaat tetangga. Sumbangan yang diberikan pun tidak sedikit dari kegiatan itu.

Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat yang diwakili oleh Kepala Dinas Perpustakaan Daerah NTT, Ir. Fredrik Tielman, M.Si., saat membuka kegiatan tersebut, memberikan apresiasi kepada seluruh jemaat terkusus untuk para pemuda yang tergabung dalam kepanitiaan.

Ditambahkan, zaman sekarang ini, sedikit sekali pemuda yang dikatakan sebagai tulang punggung gereja, bangsa, dan lain-lainnya, bisa menggelar kegiatan konser penggalangan dana.

Namun pemuda Silo bisa memberikan pelayanan yang sangat luar biasa.

“Kami tentu sangat mendukung kegiatan positif yang dilakukan pemuda saat ini. Dengan kegiatan ini juga dapat memberikan contoh kepada para pemuda lainnya untuk terus berkarya guna meningkatkan pembangunan serta kesejahteraan masyarakat dan jemaat yang ada,” katanya.

Ketua Majelis Gereja Silo Naikoten I, Pdt. Nikodemus O.R Lepat, S.Th., kepada Timor Express, mengatakan, kegiatan tersebut sebelumnya tidak terpikirkan, namun atas kerja keras para pemuda akhirnya dapat terselenggara.

Dikatakan, niat pemuda jemaat Silo ini sudah berlangsung lama karena ingin membantu mengalang dana untuk pembangunan gerja.

“Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan yang memang sangat luar biasa, karena ini merupakan bagian dari pembangunan gereja. Sesuai dengan rencana anggaran pembangunan gereja kami membutuhkan anggaran sebanyak Rp 10 miliar,” ungkap Pdt. Nikodemus Lepat.

Panitia Konser Rohani Jemaat Silo Naikoten 1 Kupang, Bepit Bertls, mengatakan, banyak cara setiap orang muda untuk menyatakan rasa syukur atas karya dan berkat yang Tuhan berikan selama perjalanan hidup ini.

Konser rohani ini kata dia, merupakan program pelayanan Christmas Song Festival (CSF) yang sudah dirintis mulai tahun 2008 dan berjalan setiap dua tahun sekali.

Kegiatan ini juga sebagai kontribusi pembangunan dari para kaum muda dengan menghadirkan artis yakni Bams dalam konser tersebut karena pemuda ingin memberikan sesuatu hal yang baru dalam pembangunan gereja.

Dikatakan, rasa syukur itu pula yang menghasilkan kreasi besar untuk membagikan berkat terhadap sesama yang menjadi motivasi BP Pemuda GMIT Silo Naikoten I Kupang, sesuai misi pelayanan, “Reaching and Bleasing Our Nation For His Glory”, yang artinya menjangkau dan memberkati seluruh bangsa untuk kemuliaan nama Tuhan.

Menurut Bepit, melalui Program Pelayanan Christmas Song Festival (CSF) yang sudah dirintis mulai tahun 2008 dan berjalan setiap dua tahun sekali, merupakan pelayanan yang terus diangkat untuk bersama jemaat melayani Tuhan dan sesama.

Dikatakannya, konsep CSF tahun ini adalah konser rohani bersama artis ibukota, Bams Ex Samson yang bertemakan, “We are The Reason”.

“Pastinya konser ini mengedepankan rasa syukur atas berkat dan karya yang Tuhan berikan, sehingga dapat membuat kolaborasi dan kreasi anak-anak Tuhan dengan talenta yang dimiliki,” kata Bepit.

Menurutnya, tujuan kegiatan yang ingin dicapai adalah, pertama melestarikan serta menggalang persekutuan, kerja sama, persaudaraan antar pemuda-pemudi gereja, sekaligus menumbuhkembangkan nilai-nilai positif dalam kehidupan bernegara, berbangsa dan bergereja dan sebagai wadah untuk membentuk karakter pemuda akan kepedulian terhadap pelayanan gereja. Dan, ketiga, penggalangan dana bagi pembangunan gedung Gereja Silo.

“Hampir dua bulan penggarapan dan rencana konser ini, kami berharap semua berjalan baik dalam sisa persiapan sampai hari kegiatannya,” katanya.

Sementara Bambang Reguna Bukit (Bams) penyanyi Indonesia yang adalah mantan vokalis grup musik Samsons, saat dikonfirmasi Timor Express, sebelum melakukan konser, memberikan proviciat kepada seluruh panitia dan pemuda yang sudah mendatangkan dirinya untuk proses pengalangan dana guna pembangunan gereja.

Bams mengaku sekarang lebih fokus pada grup musik rohani, sehingga konser ini tepat sekali untuk dirinya.

Selain itu dikatakan dirinya termotivasi untuk hadir karena selain Kota Kupang yang merupakan mayoritas kaum nasrani, ia ingin mendukung pembangunan tersebut secara langsung.

“Ini merupakan sumbangan juga kepada pihak gereja untuk pembangunan gerejanya,” singkatnya.

Pantauan Timor Expres, sebelum konser penggalangan dana, dilakukan kebaktian Natal Pemuda yang dipimpin oleh Yandi Manobe S.Th., dan dilanjutkan dengan perpaduan pengisi acara oleh Paduan Suara (PS) Nafiri Sion, The Counter Melody, Juara CSF tahun-tahun sebelumnya dan didukung oleh Komunitas Musik Gereja, serta atraksi panggung dari Big Brother. (*/joo)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!